SHARE
Diprediksi 60 Ribu Pendatang Baru Penuhi Ibu Kota Jakarta
Ilustrasi Pendatang ke Ibukota (FOTO : sindo)

Diprediksi 60 Ribu Pendatang Baru Penuhi Ibu Kota Jakarta

Netizenpos.com – Musim lebaran sudah usai dan satu budaya yang sudah jadi image bagi warga kampun adalah merantau ke kota. Banyak warga desa menjalankan budaya tersebut untuk mendapatkan masa depan pekerjaan yang lebih baik.

Mengenai fenomena tersebut, Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna sudah memprediksinya setelah hari raya Idul Fitri. Tidak tanggung-tanggung kurang lebih 60 ribu warga pendatang akan mengunjungi Ibu Kota.

Waga yang hendak merantau ke Jakarta memang bisa lebih banyak dibandingkan jumlah arus balik Lebaran. Artinya jumlah pendatang bisa membuat jumlah warga di Jakarta semakin bertambah tinggi. Salah satu faktor banyaknya pendatang adalah waktu arus mudik yang berdekatan dengan para siswa menamatkan sekolah.

Kedatangan warga dengan lulusan SMP dan SMA ke Ibukota dikarenakan di daerah masih belum banyak lapangan pekerjaan dan sudah jadi satu image lama sampai sekarang. Jakarta bisa jadi satu ladang bagi para perantau untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Namun keterbatasan pendidikan tidak lantas membuat proses mendapat pekerjaan bisa berjalan lancar. Rata-rata warga desa dengan predikat lulusan SMP atau SMA akan jadi buruh serabutan atau menjadi cleaning service.