SHARE
Benarkah Kapur Tulis Terbuat Dari Plankton
Ilustrasi Kapur Tulis (FOTO : autotekno)

Netizenpos.com – Perlengkapan alat tulis di sekolah berupa kapur tentu sudah banyak orang mengenalnya. Meski memiliki dampak kurang baik dari segi kesehatan, ternyata kapur tulis masih menjadi satu alat tulis tradisional sebelum munculnya spidol. Berbicara mengenai kapur tulis tahukah Anda jika bahan pembuat dari kapur tersebut berasal dari plankton?

Dilansir dari berbagai sumber, bahan pembuat dari kapur tersebut terdiri dari kalsium karbonat dan beberapa lumpur dan tanah liat. Semua bahan tersebut ditemukan dalam laut dimana sub mikroskopis plankton dan cocolithophores menjadi alasan bahan utama dari kapur. Planton dan beberapa bahan dasar pembuat kapur lainnya akan jatuh ke dasar laut yang kemudian langsung mengalami proses oksidasi dan dikompresi selama diagnosis masih jadi batu kapur.

Kapur menjadi satu batu dimana terdiri dari partikel-partikel sub mikroskopis dan bisa dipelajari di bawah pengamatan mikroskop electron. Saat pertikel di dalam air laut mati maka lapisan subtansial dalam beberaa tahan akan mengendap selama jutaan tahun lamanya. Sedimen batu yang membesar maka berubah jadi sebuah batu.

Pada zaman dahulu penggunaan kapur tersebut dipakai untuk menulis dan menggambar di sebuah papan ataupun tanah tetapi dengan berjalannya waktu kapur juga bisa dipakai sebagai bahan kontruksi di zaman Victorian.