SHARE
Ini Dia 3 Jenis Penyakit Yang Banyak Dialami Jemaah Haji
Ilustrasi Jenis Penyakit Jamaah Haji (FOTO : Sindo)

Netizenpos.com – Calon jamaah haji asal Indonesia sepertinya harus lebih mengerti tentang cara menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji. Dari data Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan telah tercatat jumlah jamaah haji dengan resiko tinggi dalam sistem Siskohatkes sudah mencapai 21.710 orang yang mana dibedakan dari penggunaan warna gelang.

Angka yang diperoleh di atas berdasarkan responden sebanyak 41.926 jamaah haji dari 12 embarkasi yang sudah memasuki asrama haji. Bahkan dari data terakhir saja jumlah jamaah yang masih di Madinah sudah mencapai 34.280 orang. Dari jenis warna gelang yang digunakan berwarna merah diperuntukkan kepada jamaah dengan usia lebih dari 60 tahun dan memiliki resiko penyakit sebesar 22,2 % atau 7.632 jamaah. Sedangkan dari gelang warna kuning memiliki jumlah risti penyakit sebesar 11.576 jamaah atau sebesar 34,2%. Pada jenis gelang berwarna hijau berumur 60tahun tanpa ada resiko penyakit mencapai 17.766 jamaah atau sebesar 43,6%.

Dilansir dari PPIH telah memberikan laporan bahwa jumlah jamaah haji yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Arab Saudi sebesar 2.569 jamaah sudah menjalani rawat jalan sedangkan 50 jamaah lainnya menjalani rawat inap dan 63 jamaah sudah dirujuk ke rumah sakit. Lalu dari tiga jenis penyakit yang paling umum diderita jamaah haji adalah hipertensi sebesar 35%, myalgia 17% dan acute nasopharingithis sebesar 9%.

Dilansir dari halaman Sindonews, untuk mencegah terjangkit virus dan bakteri selama beribadah haji haru melakukan tindakan proteksi seperti minum air putih yang cukup, menjaga kebersihan, dan gunakan alas kaki saat cuaca panas. Dengan tubuh sehat maksimal maka proses ibadah haji juga bisa dilakukan dengan lancar.