SHARE
5 Cara Hindari Depresi Pada Hubungan Rumah Tangga
Ilustrasi Hindari Depresi (FOTO : Lifestyle)

Netizenpos.com – Gangguan kejiawaan berupa depresi sudah sering dialami banyak kalangan secara tidak sadar. Resiko dari depresi sangatlah berbahaya apalagi bagi ibu hamil atau pasca melahirkan yang bisa membuat kondisi tubuh tidak sehat. Faktor penunjang terjadinya depresi tentu harus dihindari dengan berbagai cara yang sebenarnya bisa dilakukan secara bertahap.

Istirahat Cukup

Bagi ibu yang baru selesai melahirkan sebaiknya lebih sering beristirahat, kondisi anak rewel yang bisa terbangun selama 2-3 jam membuat aktivitas ibu terasa sangat melelahkan. Maka dari itu untuk memberikan waktu istirahat lebih bisa dengan menggunakan jasa asisten rumah tangga atau saat ibu menyusui bisa dilakukan secara memreah ASI sehingga asisten rumah tangga bisa memberikan ASI saat kondidi ibu sedang beristirahat.

Sediakan Waktu Lebih

Seorang ibu pasca melahirkan harus mendapatkan waktu lebih untuk membuat dirinya merasa rileks. Maka dari itu mintalah bantuan orang lain untuk mengganti dalam mengurus bayi, tetapi perhatikan juga waktu me time untuk ibu jangan sampai terlalu lama.

Dukungan Suami

Suami juga harus ikut proaktif membuat kesehatan ibu tetap stabil. Suami yang memahami faktor mental sang istri pasca melahirkan akan meringankan beban ibu. Urus anak dengan membagi tugas bersama suami agar si bayi bisa mersakan kasih sayang dari ayah.

Mempertahankan Keintiman

Satu kunci untuk menjaga kekompakan setiap pasangan dalam mengurus si kecil adalah mempertahankan keintian bersama suami dan istri. Meskipun mengurus bayi terbilang merepotkan akan tetapi jika hubungan keintiman antara suami dan istri tetap terjalin baik maka depresi bisa menjauh.

Sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah ketika Anda sudah berumah tangga, maka dari itu siapa saja yang ingin terhindar dari depresi setelah melahirkan anak pertama atau kedua harus menjalin hubungan lebih mesra terhadap suami dan istri.