SHARE
UP Squared komputer Sebesar Kartu Kredit Usung Processor Intel Apollo Lake
Ilustrasi UP Squared (FOTO : Autotekno)

Netizenpos.com – Sebuah perangkat komputer atau PC tentu saja mempunyai beragam ukuran dan sekarang sudah ada mini PC yang mempunyai dimensi ukuran lebih kecil. Tidak hanya itu saja, kini ada satu produk baru dari PC yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Memang sangat mencengangkan ketika sebuah PC komputer berukuran seperti kartu kredit mengusung spesifikasi yang mumpuni.

Sebuah komputer bernama Up Squared telah menjadi pendatang baru dari segi PC komputer berukuran kecil yang lebih mirip dengan single board komputer lainnya. Dari sisi performanya, Up Squared tersebut sangat mumpuni bahkan bisa dikatakan terlalu berlebihan untuk digunakan sebagai komputer rumahan. Terdapat port I/O lengkap yang bisa digunakan untuk debug software maupun hardware komputer.

Terdapat dua varian processor yang dibenamkan dalam Up Squared tersebut yakni Intel Apollo Lake Celeron N3350 dual core dan Pentium N4200 quad core. Sedangkan dari segi RAM juga terbilang besar yakni 2 dan 8GB. Bahkan dari memori internalnya sendiri bisa berupa eMMC dengan ukuran 16 sampai 128GB. Untuk sistem operasinya sendiri bisa beravariasi mulai dari Windows 10, Ubuntu, Windows IoT Core, Yocto, dan Android 6.0 serta Ubilinux. Dari segi harga terbilang variatif karena ditentukan dari kapasitas RAM dan hardisknya. Dimana untuk spesifikasi RAM sebesar 2GB eMMC 16GB dibanderol sekitar 1,3 jutaan. Sedangkan untuk versi RAM 8GB dan eMMC 128GB dibanderol sebesar 3,7 jutaan.

Rencananya, komputer berukuran kartu kredit ini akan dirilis pada bulan April tahun 2017 mendatang, jadi siap-siap saja bila dipasarkan di tanah air maka Anda bisa dengan mudah mendapatkannya.