SHARE

Netizenpos.com – Siapa yang tak mengenal minuman bernama kopi. Dari minuman satu ini pastinya memberikan kualitas rasa yang beraneka ragam. Tetapi tahukah Anda jika ampas kopi yang selama ini dianggap tidak berguna, ternyata mempunyai beragam kegunaan dan bahkan Anda masih belum bisa mempercayainya.

Bagi pecinta kopi sebaiknya jangan buang ampas kopi Anda, tetapi gunakanlah untuk beberapa manfaat diantaranya:

Untuk Pupuk Kompos

Satu manfaat dari ampas kopi adalah sebagai pupuk kompos karena dari ampas kopi tersebut mengandung nitrogen dalam jumlah cukup banyak. Dengan memberikan perbandingan pupuk kompos dari kopi maka pupuk tanaman yang selama ini menggunakan bahan kimia bisa dibuat secara alami.

Memberihkan Piring

Manfaat lainnya dari ampas kopi yang belum banyak diketahui adalah sebagai pembersih piring. Tidak terlalu sulit karena membersihkan piring tidak selalu memakai sabun cuci piring. Caranya gunakan ampas kopi dengan balutan kain untuk membersihkan bagian piring yang kotor.

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Fungsi dari ampas kopi lainnya yang tidak kalah menarik adalah menghilangkan sel kulit mati. Beberapa produk kecantikan sudah mengadopsi bahan ampas kopi sebagai penghilang sel kulit mati caranya dengan mencampurkan minyak zaitun bersama ampas kopi kemudian gosokkan pada kulit secara perlahan.

Itulah beberapa manfaat dari ampas kopi yang selama ini masih belum banyak diketahui. Menarik bukan? Jadi jangan buang ampas kopi Anda karena bisa digunakan untuk beragam kebutuhan.