SHARE
Tips Redakan Cegukan Secara Cepat
Ilustrasi Cegukan (FOTO : herbal)

Netizenpos.com – Beragam gangguan tubuh saat ini sering terjadi dari level berat sampai ringan. Sebuah gangguan tubuh yang sering dialami baik segala usia adalah cegukan. Pastinya Anda tahu atau pernah mengalami cegukan, dan penderitanya bisa dari usia  berapa saja tanpa pandang bulu. Meski terbilang tidak berbahaya, tetapi banyak pakar kesehatan menganggap cegukan sebagai salah satu faktor pencetus gangguan pernafasan.

Beberapa mitos tentang cegukan juga sering digunakan sebagai cara untuk mengantisipasi cegukan yakni seseorang sedang mengalami pertumbuhan tubuh menuju ke usia dewasa. Namun secara ilmiah hal tersebut tidak dibernarkan. Tahukah Anda bila dalam bahsa ilmiah, cegukan dikatakan sebagai singultus dimana terdapat kontraksi secara mendadak yang tidak disengaja pada bagian diafragma. Tidak hanya terjadi sekali seumur hidup, tetapi cegukan bisa timbul dimana saja dan kapan saja.

Suara “hik” terjadi karena udara tidak berjalan lancar melewati paru-paru serta ruang pada pita suara tertutup. Tentu saja sangat mengganggu bagi beberapa orang khususnya para pekerja yang harus melakukan perkerjaan secara serius. Tidak hanya itu, durasi dari cegukan juga bisa berjam-jam bahkan paling parah terjadi selama seharian penuh.

Jika Anda mengalami cegukan dalam frekuensi sering alangkah baiknya periksakan ke dokter dengan segera agar mendapat penanganan medis. Namun, bila Anda hanya beberapa kali mengalaminya cobalah menghilangkan cegukan dengan cara sederhana diantaranya :

Mengatur Nafas dan Berpikir Rileks

Ada korelasi dari cegukan dengan nada pernafasan tidak lancar karena adanya pikiran terlalu terburu-buru. Cara mudahnya tenangkan pikiran Anda lalu cari posisi yang nyaman, setelah itu tarik nafas dalam dan keluarkan secara perlahan. Ulangi beberapa kali hingga cegukan hilang.

Teknik Bernafas

Satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan melakukan teknik bernafas yang mudah dilakukan yakni dengan menghirup udara dari satu lubang hidung dan keluarkan dari lubang hidung satunya lagi. Lakukan secara bergantian dan ulangi hingga cegukan hilang.

Minum Air

Cara paling umum yang dilakukan adalah dengan minum air segelas dengan perlahan-lahan hingga melewati tenggorokan dan bisa mengembalikan kestabilan diafragma. Tetapi perhatikan intensitasnya jangan sampai perut Anda menjadi kembung.

Minum Perasan Lemon

Bila cegukan masih tidak hilang cobalah dengan meminum air perasan lemon atau jeruk nipis. Cara menghilangkan cegukan memakai perasan air lemon tersebut dianggap lebih efektif dibandingkan cara mengatur pernafasan, jadi bisa jadi satu tips utama.

Mengunyah Gula

Beberapa riset telah memberikan informasi bahwa gula bisa mengirim sinyak ke serabut syaraf untuk menghentikan lengkung reflek yang menjadi pemicu dari cegukan. Tetapi cara satu ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes jadi harus berhati-hati.

Berbaring

Tips paling mudah dalam meghilangkan cegukan adalah dengan berbaring sembari menekuk lutut ke arah perut. Lakukan cara satu ini secara berulang sampai cegukan reda.

Beberapa cara menghilangkan cegukan di atas sangat mudah dilakukan siapa saja dan kapan saja. Tetapi untuk beberapa gejala cegukan lebih dari 12 jam dianjurkan untuk segera berobat ke dokter. Memang terlihat sederhana tetapi cegukan bisa memberikan efek kurang baik pada tubuh terutama dalam asupan udara. Kondisi paru-paru juga akan menurun bila cegukan tidak dihilangkan.

Meski banyak orang mengira cegukan adalah gangguan sepele yang akan hilang dengan sendirinya, tetapi sebaiknya segera hilangkan bila sudah mengalami cegukan. Cobalah tips menghilangkan cegukan di atas secara berhati-hati hingga cegukan lenyap lalu hilangkan faktor pencetusnya seperti pikiran kurang tenang dan pernafasan tidak teratur.