SHARE
Tips Jitu Atasi Rambut Bercabang
Ilustrasi Rambut Bercabang (FOTO : Kesehatan)

Netizenpos.com – Kesehatan rambut menjadi satu kebutuhan penting bagi pria maupun wanita. Beberapa permasalahan rambut harus diatasi dengan cepat agar tidak menimbulkan tampilan kurang menarik yang mana bisa mempengaruhi tampilan pada saat bekerja ataupun bersantai. Salah satu masalah rambut yang sering dialami baik wanita maupun pria adalah rambut bercabang. Meskipun faktor pencetus dari rambut bercabang sangat beragam namun untuk mengatasinya tidak semudah yang dibayangkan.

Kondisi rambut kusut ataupun bercabang sebenarnya merupakan tanda bahwa kondisi rambut sedang tidak sehat atau kekurangan nutrisi sehingga terlihat banyak cabang. Untuk menghilangkan rambut bercabang memang ada beragam cara dari perawatan berharga mahal ada juga yang cara sederhana atau alami. Untuk menghilangkan rambut bercabang sangat beragam, namun disarankan Anda menggunakan tips alami agar tidak berdampak buruk pada kulit kepala. Lalu apa saja tips mengatasi rambut bercabang?

Menggunakan Masker Alpukat

Cara pertama menghilangkan rambut bercabang adalah memakai masker yang langsung ditempelkan para rambut. Jenis masker yang digunakan adalah masker alpukat dimana sudah banyak digunakan untuk permasalahan rambut terutama rambut bercabang. Jenis masker rambut alpukat sampai saat ini masih digunakan dalam beberapa metode perawatan tradisional dan alami karena lebih aman serta tidak meninggalkan efek samping. Cara menggunakan alpukat sebagai masker cukup mudah yakni dengan mencampurkan 2 putih telur bersama dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah itu lumurkan adonan ke rambut dan tunggu hingga beberapa menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Memakai Madu

Pastinya Anda sudah mengenal satu bahan alami berupa madu. Fungsi dari madu sendiri sampai saat ini terus dimanfaatkan dalam bidang pengobatan serta kecantikan. Jadi tidak heran bila madu bisa dipakai untuk menghilangkan rambut bercabang. Cara paling mudah memanfaatkan madu adalah dengan mencampurkan madu bersama yoghurt serta lemon. Kemudian bisa juga dengan mencampurkan madu sebanyak 2 sendok maka bersama dengan lemon dan dua sendok makan yoghurt. Oleskan campuran tiga bahan alami tersebut lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih salama 15 menit. Jika sudah 15 menit bilas menggunakan air sampai bersih.

Memakai Minyak Zaitun

Satu lagi bahan alami berupa minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menghilangkan rambut bercabang. Sangat mudah mengaplikasikan minyak zaitun tersebut yakni dengan mengoleskan pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas. Tunggu sampai 7 menit kemudian berishkan dengan keramas menggunakan shampoo.

Menggunakan Air Putih

Mungkin Anda merasa bingung kenapa air putih bisa digunakan untuk menghilangkan rambut bercabang? Ternyata gejala rambut bercabang bisa dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga untuk mengembalikan kesehatan rambut harus dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

Suplemen

Cara lainnya mungkin tergolong kurang alami yakni memakai suplemen, akan tetapi jenis suplemen yang beredar saat ini sangat beragam bahkan bisa terdiri dari bahan-bahan alami berupa Vitamin B, Vitamin E, dan Vitamin A. Jadi sangat fleksibel ketika mengatasi rambut bercabang dengan bahan-bahan alami. Mulai sekarang bagi wanita maupun pria yang sudah mengalami masalah rambut bercabang harus segera diatasi agar tidak mengganggu penampilan Anda.

Menggunakan cara alami seperti di atas bisa menguntungkan Anda mulai dari murah, tidak ada efek samping, sampai bahannya mudah ditemukan. Tidak perlu menggunakan perawatan mahal bahakan beresiko tinggi untuk mengembalikan kesehatan rambut. Meski hasilnya tidak instan, tetapi cara dari bahan alami tersebut bisa memberikan efek sehat untuk kulit kepala beserta rambut.