SHARE
Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil
Ilustrasi Usaha Sampingan Modal Kecil (FOTO : Bisnis idea)

Netizenpos.com – Beragam usaha atau ide bisnis memang sangat menarik untuk memberikan pemasukan cukup besar. Namun, tidak semua orang memiliki waktu dalam menjalankan bisnis utama mereka sehingga lebih memilih untuk menjalankan bisnis sampingan. Sebagai pelaku bisnis tentu saja harus diperhatikan jenis bisnis yang akan dilakukan, bahkan harus memiliki strategi pemasaran yang jitu agar tidak terjadi kesalahan dalam menjalankannya.

Jika sebuah bisnis dijalankan dengan benar meskipun sebuah usaha sampingan maka keuntungan bisa lebih besar. Untuk Anda yang tidak memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah usaha sampingan, jangan khawatir karena ada beberapa bidang bisa Anda coba lakukan diantaranya:

Usaha Laundry Kiloan

Zaman modern seperti sekarang semua orang menginginkan cara praktis terutama dalam hal kebutuhan mencuci. Dari satu bidang tersebut bisa dijadikan peluang bisnis yang potensial karena usaha laundry sudah banyak dilakukan untuk meraup keuntungan meskipun keuntungannya terlihat sedikit. Beberapa daerah yang sangat potensial mendapat keuntungan besar dalam usaha laundry adalah lingkungan kampus, kantor, ataupun daerah perkampungan. Jadi sangat menjanjikan jika Anda melakukan bisnis sampingan berupa laundry kiloan tersebut. Mengenai modal yang diperlukan untuk memulai usaha laundry kiloan tersebut bisa dimulai dari 7 jutaan untuk membeli perlengkapan seperti mesin cuci dan rak serta setrika.

Cuci Motor dan Mobil

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan usaha satu ini, yakni cuci motor dan mobil. Bila modal yang dimiliki tidak terlalu bagus sebaiknya pilih salah satu dulu bisa motor ataupun mobil saja. Harga dan tenaga untuk melakukan bisnis cuci motor tersebut terlihat murah, namun dari segi keuntungan sangatlah potensial. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa cuci motor sederhana hanya sebesar 2 jutaan saja, namun bila ada karyawan maka modal bisa mencapai 3 jutaan.

Desain Grafis

Ketika mendengar desain grafis ternyata bidang yang digeluti bisa sangat beragam. Jasa desain yang banyak dilakukan adalah desain kartu nama, logo, poster, baju, mascot, interior, dan booth. Sangat mudah memperkenalkan jasa desain grafis bisa dengan memasang iklan di situs internet ataupun membuat sebuah baliho untuk mendatangkan konsumen. Kunci sukses dalam jasa desain grafis adalah hasil yang sempurna, harga lebih murah, dan koneksi internet juga sangat diperlukan.

Jasa Pengetikan

Membuka sebuah rental pengetikan sangat potensial mendatangkan keuntungan. Dari satu jenis bisnis berupa rental pengetikan ini sudah sangat familiar di kalangan pelajar apalagi jika Anda membukanya di daerah perkampungan yang masih jarang orang memiliki laptop ataupun komputer. Tidak terlalu mahal untuk membeli sebuah PC komputer beserta alat cetak berupa printer. Rata-rata dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jasa pengetikan berkisar 4 sampai 6 jutaan.

Les Privat

Menjalankan sebuah bisnis les privat tentu saja akan mendatangkan peluang yang besar. Beberapa orang dengan kemampuan di bidang akademik tertentu bisa memanfaatkan kepandaian dengan membuka jasa les privat. Bisnis satu ini bisa dikatakan paling murah dalam ketersediaan dana karena hanya dengan modal 1 juta saja sudah bisa menjalankan bisnis les privat di rumah Anda.

Semua peluang usaha bisa dijalankan oleh siapa saja dan satu hal penting dalam menjalankan usaha apapun bentuknya adalah tekad dan niat tinggi. Meskipun usaha yang Anda lakukan terbilang sampingan tetapi tidak menutup kemungkinan akan menghadapi pasng surut sehingga membuat Anda harus bertahan atau mundur. Jalankan setiap usaha secara maksimal agar keuntungan yang Anda dapatkan juga besar meskipun masuk dalam kategori usaha sampingan.