SHARE
Daftar Menu Kuliner Bercita Rasa Tinggi Dari Bali
Ilustrasi Menu Kuliner Bali (FOTO : lifestyle)

Netizenpos.com – Siapa yang tak kenal dengan satu pulau menarik di Indonesia bernama Bali. Salah satu spot menarik untuk wisatawan tersebut tidak hanya menyediakan beragam tempat wisata menarik, tetapi dari segi kuliner dan budayanya juga patut diperhatikan. Bali menjadi satu lokasi unik karena menyediakan berbagai kuliner bercita rasa tinggi, jadi tidak heran bila banyak pelancong menjadikan Bali sebagai surga kuliner di Indonesia.

Beberapa orang pasti sudah pernah berkunjung ke Bali, akan tetapi mereka belum tahun apa saja menu makanan utama yang sering disantap para pelancong ataupun warga Bali. Maka dari itu sebelum Anda berkunjung ke Bali, alangkah baiknya jika tahu apa saja menu makanan bercita rasa tinggi dari Bali.

Bebek Betutu

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan satu menu makanana bernama Bebek Betutu. Satu kuliner wajib dari Bali ini sangat terkenal bahkan menjadi satu ikon dari Bali. Sedangkan dari rasanya sudah tidak diragukan lagi karena dari segi cara memasaknya saja sudah sangat menarik yakni menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya juga tidak bisa sembarangan karena ada beragam bumbu yang harus diolah agar rasa dari Bebek Betutu terasa gurih. Metode memasak Bebek Betutu cukup menarik yakni dengan cara daging bebek dipijat agar mendapatkan tekstur empuk lalu dibungkus memakai daun pisang dan panggang dalam api sekam. Perlu diketahui bahwa waktu yang diperlukan dalam memasak Bebek Betutu terbilang lama jadi Anda harus sedikit bersabar.

Babi Guling

Bagi masyarakat Bali, menu masakan Babi Guling menjadi masakan khas tradisional karena menggunakan bahan utama daging dari anak babi. Dalam tubuh babi tersebut sebelum dimasak diberikan sayuran serta bumbu bisa berupa daun ketela pohon kemudian dipanggang sembari diputar. Awalnya menu babi guling dipakai dalam upacara adat, tetapi seiring dengan perkembangan zaman Babi Guling dipakai sebagai menu manakanan di berbagai restoran untuk para wisatawan.

Bubur Mengguh

Satu menu menarik lainnya dari Bali adalah Bubur Mengguh. Dari satu makanan ini sangat terkenal dan menjadi satu menu khas dari Bali Utara atau tepatnya di daerah Buleleng. Menu Bubur Mengguh terbuat dari beras dan santan yang ditambahan suwiran ayam. Rasa dari menu satu ini berbeda dari bubur lainnya yakni dengan rasa gurih, pedas, dan memiliki sensasi renyah yang pasti penggugah selera Anda.

Srombotan

Menu lainnya di Bali yang tidak kalah menarik adalah Srombotan. Dari makanan satu ini memiliki cita rasa yang menarik karena terbuat dari lalapn sayur diantaranya kangkung, kacang panjang, dan kubis. Dari bahan tersebut nantinya akan dibumbui berupa santan dengan bahan dari kunyit, bawang putih, ketumbar, bawang merah, kencur, dan lengkuas kemudian dimasak sampai mengental. Dalam penyajiannya, Srombotan harus didampingi dengan bumbu pedas ataupun bumbu kacang.

Nasi Jinggo

Makanan bernama Nasi Jinggo menjadi satu ciri khas di Bali beurpa nasi putih yang dibungkus ke dalam sebuah daun pisang yang ditambah dengan sambal pedas. Makanan Nasi Jinggo ini lebih mirip seperti nasi kuncing di Jawa Tengah, tetapi dari segi komponenn pendukungnya lebih banyak.

Masih banyak kuliner menarik lainnya dari Bali, sangat menarik jika Anda mengeksplorasinya secara lengkap. Maka tidak heran bila banyak wisatawan menjadikan Pulau Bali sebagai surga kuliner. Jadi jangan tunggu lagi segera cicipi cita rasa masakan khas dari Bali yang sudah terkenal hingga mancanegara.