SHARE
Cara Perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi Online
Ilustrasi Pernpanjang SIM Online (FOTO : Duitpintar)

Netizenpos.com – Pastinya Anda sudah tahu tentang kelengkapan berkendara berupa SIM atau Surat Izin Mengemudi. Setiap pengendara transportasi mulai dari roda dua sampai roda empat diwajibkan memiliki surat izin mengemudi. Setiap 5 tahun sekali pembaharuan dari SIM wajib dilakukan agar keamanan data lebih terjamin atau bisa memberikan informasi baru. Proses perpanjangan SIM yang selama ini dikenal melalui sistem offline sudah banyak dilakukan, namun tahukah Anda jika perpanjangan SIM saat ini bisa dilakukan dengan sistem online.

Beberapa waktu belakangan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian memberikan pelayanan dalam perpanjangan SIM melalui sistem online. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan langsung dari penggunaan sistem online tersebut salah satuny bebas dari calo. Para calo yang selama ini mondar mandir di kantor SAMSAT saat ini sudah tidak ada lagi karena adanya sistem online.

Memang belum semua wilayan di Indonesia menggunakan sistem online dalam perpanjangan SIM, dan pada tanggal 1 Juli 2015 lalu dari kepolisian sudah bertekad bisa membuat sistem online dalam perpanjang SIM di semua daerah Indonesia. Kemudahan serta kecepatan dalam mengakses data sangat dibutuhkan pada saat perpanjang SIM. Bisa dimungkinkan dalam waktu dekat koneksi dalam proses perpanjangan SIM bisa sangat cepat hingga mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

Biasanya untuk perpanjangan SIM masyarakat lebih memilih sistem manual dimana kepolisian sudah memebrikan layanan SIM corner. Namun, hal tersebut tetap membuang waktu karena setiap ada SIM corner jumlah pendaftar membludak dan tidak ada bedanya jika langsung memproses di SAMSAT. Nantinya sistem online dalam perpanjangan SIM tersebut tidak main-main dimana bisa terintegrasi dengan database beberapa lembaga seperti Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Sistem integrasi dalam proses perpanjangan SIM secara online membuat para pelaku kriminal tidak diperkenankan membuat lebih dari satu SIM atau bisa meminimalisir terjadinya pembuatan SIM palsu. Untuk melakukan perpanjangan SIM secara online ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan dengan mudah diantaranya:

  1. Mempersiapkan dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP, dan SIM itu sendiri.
  2. Mendatangi Satpas lalu menyerahkan KTP ke petugas kemudian nanti Anda akan mendapatkan nomor registrasi. Setelah itu bayarlah ke loket bank yang berada di satu lokasi.
  3. Jika sudah membayar nantinya aka nada bukti pembayaran dan kita hanya menunggu panggilan untuk melakukan ujian tertulis dan prakek. Menurut rencana dari materi ujian tertulis akan tersedia di situs Korps lalu lintas dan bisa diunduh secara gratis. Maka dari itu sebelum melakukan proses pembuatan SIM baru diharapkan calon pembuat harus belajar dahulu.
  4. Proses ujian tertulis akan dilaksanakan secara online sehingga hasil dari ujian tersebut bisa langsung terlihat. Jika lulus maka Anda akan dilanjutkan dengan ujian praktek menggunakan simulator ataupun di lapangan secara langsung. Jika sudah dinyatakan lulus maka Anda bisa memperoleh SIM tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Bagaimana sangat mudah dan cepat bukan? Menggunakan sistem online tersebut tidak membuat ongkos pembuatan SIM membengkak, bahkan bisa lebih hemat karena tidak membayar calo. Sedangkan dari sistem transaksinya sendiri nantinya akan terhubung langsung dengan Kementerian Keuangan dimana uang yang masuk akan menambah kas negara dimana bisa digunakan untuk pembangunan.

Jadi mulai dari sekarang Anda tidak perlu repot lagi dalam membuat SIM baru, gunakan teknologi berupa sistem online agar biaya dan tenaga tidak terkuras hanya untuk membuat SIM baru.