SHARE
Solusi Cepat Ketika Ponsel Anda Hilang
Solusi Cepat Ketika Ponsel Anda Hilang - (FOTO : tipsponsel)

Netizenpos.com – Perangkat smartphone menjadi satu kebutuhan vital beragam kalangan dimana dari spesifikasinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Namun, terlepas dari fungsi sebuah ponsel tentu saja ada segudang problem terjadi bagi pemilik ponse. Tidak hanya dari kerusakan saja, tetapi terkadang sebuah ponsel bisa hilang. Maraknya informasi mengenai hilangnya smartphone membuat banyak orang khawatir dan mencari solusi bagaimana cara mengatasi ketika ponsel hilang dari genggaman.

Rasa panic tentu saja muncul ketika ponsel kesayangan Anda mengalami hilang kontak, namun sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi ponsel hilang tersebut. Beberapa syarat untuk melacak produk ponsel yang hilang kontak adalah mengaktifkan aplikasi keamanan di dalam ponsel. Tetapi apakah cukup dengan hal tersebut?

Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa aplikasi penting yang bisa digunakan untuk menemukan ponsel yang hilang.

Mengaktifkan Google ADM

Jika Anda mengalami musibah seperti hilangnya smartphone maka ada satu aplikasi bernama Android Device Manager atau ADM yang mana memiliki fungsi untuk melacak ponsel Android. Untuk bisa mengaktifkan aplikasi Google ADM tersebut tidak memerlukan biaya akan tetapi setelah menginstall aplikasi Google ADM Anda harus mengubungkan dahulu dengan akun Google Anda. Selain itu, posisi ponsel juga harus dalam keadaan hidup saat hilang sehingga secara otomatis saat ponsel menyalan koneksi internet akan terhubung. Google ADM bisa jadi satu cara melacak ponsel pintar Anda sebelum kartu SIM dikeluarkan. Beberapa notifikasi bisa terdengar seperti bunyi beep bila nanti data di dalam ponsel hilang.

Hubungkan Google Map

Banyak orang sudah megenal aplikasi Google Map, namun tidak banyak yang tahu bahwa Google Map bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Tidak hanya dari lokasi saja, tetapi Google Map bisa digunakan bersama dengan GPS untuk memberikan informasi megenai lokasi smartphone Anda. Namun, ada satu hal wajib yang harus diperhatikan yakni selalu aktifkan fitur GPS agar lokasi bisa terlacak dengan mudah.

Drop Box

Salah satu fitur berupa camera upload dari dalam Drop Box sangat membantu dalam menemukan sebuah smartphone yang hilang. Nantinya ponsel akan terhubung dengan akses cloud sehingga ketika ponsel hilang Anda masih bisa terhubung di situs cloud.

Kendali Jarak Jauh Samsung

Salah satu aplikasi menarik dengan nama Find My Mobile membuat pengguna smartphone semakin tenang ketika ponsel hilang. Memakai fitur remote control Find My Mobile nantinya proses pelacakan ponsel akan lebih cepat dan mudah. Jika nanti kartu SIM diganti si pelaku pencurian maka secara otomatis dari ponsel akan mengirim sebuah SMS.

Memang masih cukup sulit untuk mengatasi masalah seputar ponsel hilang. Terkadang beberapa kesalahan pengguna ponsel dalam menyimpan smartphone juga jadi penyebab sebuah ponsel hilang. Mungkin bagi para pengguna smartphone sebaiknya memperhatikan lokasi penyimpanan ponsel sehingga bisa menghindari kejadian seperti ponsel hilang.