SHARE
Gejala Alergi Paling Mudah Diketahui dan Wajib Dipahami
Gejala Alergi Paling Mudah Diketahui dan Wajib Dipahami (FOTO : Kesehatan)

 Netizenpos.com – Beragam masalah di tubuh sering sekali muncul dimana saat musim hujan datang membuat kondisi tubuh semakin menurun. Cuaca dingin memang sering memberi dampak kurang baik pada tubuh bahkan bisa menyebabkan alergi. Jenis alergi dingin sering terjadi karena beberapa sebab. Umumnya penderita dari alergi dingin tersebut akan memunculkan tanda di bagian kulit berupa warna kemerahan.

Beberapa tingkat gejala cukup serius dari alergi dingin juga bisa terlihat selain warna kulit menajdi merah dan kulit terasa gatal. Setiap penderita alergi dingin tidak memberi gejala yang sama, namun beberapa kejadian alergi dingin bisa memberi efek kurang baik bahkan mengurangi kesadaran serta membuat tekanan darah menjadi rendah bahkan paling parah menyebabkan kematian.

Kini penderita alergi dingin bisa kambuh bahkan pada saat musim kemarai karena lingkungan sekitar juga mendukung terjadinya alergi mulai dari lingkungan kerja berAC, dan mengkonsumsi minuman dingin. Secara umum para penderita alergi dingin mempunyai beragam gejala tubuh yang berbeda, dilansir dari Bustle, ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan sehingga sangat membantu dalam penanganannya.

Tangan Membengkak

Gejala dari alergi dingin yang disebabkan oleh cuaca luar ruangan biasanya membuat tangan menjadi bengkak. Pembengkakan di bagian tangan bisa terjadi setelah mengkonsumsi minuman dingin atau hanya memegangnya. Proses pembengkakan terjadi di bagian tangan atau bisa juga di bagian lainnya, dari pembengkakan tersebut akan mengakibatkan masalah serius bila terjadi di bagian tenggorokan karena bisa memicu kematian.

Kulit Berubah Merah

Satu lagi gejala dari alergi dingin adalah kulit berubah menjadi merah. Perubahan warna kulit menjadi merah tua bisa terjadi karena lingkungan sekitar yang dingin. Maka dari itu bagi penderita alergi harus melindungi bagian tubuh dengan kain atau jaket agar kulit tidak berubah merah dalam waktu cepat.

Kulit Menjadi Gatal

Satu gejala dari alergi dingin adalah kulit menjadi gatal. Paparan allergen membuat kulit menjadi gatal, sedangkan ada cara untuk menguji urtikaria dingin yakni menempelkan es batu langsung pada kulit agar tanda kemerahan dan gatal atau bengkak muncul.

Pusing

Penderita alergi dingin biasanya akan merasa pusing dalam tingkat cukup parah. Paparan udara dingin membuat alergi semakin parah apalagi sudah masuk ke tahap pusing. Dalam beberapa kejadian penderita alergi dingin yang mengalami pusing sering mengalami kebingungan sehingga butuh pengawasan saat berjalan atau setidaknya biarkan untuk beristirahat.

Beberapa gejala dari alergi dingin di atas bisa jadi satu informasi penting, sehingga Anda bisa mengantisipasi langkah penanganan lebih cepat. Sebagai penderita alergi dingin memang membutuhkan banyak proteksi terutama dari udara dingin, maka dari itu terus waspada terhadap lingkungan sekitar dan usahakan selalu menghindari udara dingin atau hindari mengkonsumsi makanan serta minuman dingin.