SHARE
Manfaat Penting Konsumsi Air Mentimun
Manfaat Penting Konsumsi Air Mentimun (FOTO : sindo)

Netizenpos.com – Zaman modern seperti sekarang sering membuat seseorang merasa kurang nyaman terutama dengan rutinitas sehari-hari. Beberapa kegiatan seperti olahraga ataupun bekerja membutuhkan asupan nutrisi lebih terutama dalam bentuk air. Manfaat dari air putih sangatlah penting, akan tetapi terkadang seseorang bisa menambahkan nutrisi kedalam air putih tersebut.

Mungkin Anda sering mendengar air mentimun dimana sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Memang untuk membuat air mentium tidak terlalu sulit dan manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Beberapa pakar kesehatan juga menganjurkan untuk konsumsi air mentimun secara rutin agar tubuh bisa mendapat asupan nutrisi yang lebih baik.

Bagi Anda yang masih belum terlalu mengerti tentang manfaat air mentimun sebaiknya kenali dahulu apa saja keuntungannya jika kita mengkonsumsinya dalam frekuensi sering.

Dilansir dari Lifeshack, beberapa keuntungan bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi air mentimun secara rutin.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Banyak yang kurang mengerti bahwa air mentimun sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari American Heart Association memberikan pernyataan bahwa resiko penyakit jantung dapat ditekan melalui pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat adalah mengkonsumsi air mentimun. Tidak hanya itu saja, konsumsi air mentimun secara rutin bisa menurunkan berat badan sehingga sangat cocok sebagai satu cara untuk diet alami. Selain memberikan kesehatan bagi jantung, ternyata air mentimun juga mampu menekan tekanan darah tinggi yang menjadi faktor dari penyakit jantung.

Menjaga Kepadatan Tulang

Mungkin Anda belum tahu bahwa di dalam buah mentimun kaya akan vitamin K dimana berfungsi sebagai pembentuk matriks tulang serta menjaga kepadatan tulang sehingga selalu terjaga dan mampu menopang semua kegiatan. Banyak pakar kesehatan menyarankan konsumsi air mentimun untuk terhindar dari gangguan tulang seperti osteoporosis. Jadi bagi usia muda maupun tua sangat disarankan untuk konsumsi air mentimun secara rutin.

Mencegah Dehidrasi

Dikutip dari pernyataan The National Institute of Health yang memberikan rekomendasi bahwa 6 sampai 8 gelas air setiap hari sangat berguna untuk mencegah dehidrasi, akan tetapi tidak cukup dengan konsumsi air putih saja, Anda bisa mengkombinasikan air mentimun agar kondisi tubuh tetap bugar serta mendapat asupan nutrisi penting dari mentimun.

Mencegah Kulit Kering

Satu cara untuk mencegah kulit kering adalah konsumsi air mentimun. Kenapa bisa demikian? Karena di dalam buah mentimun terkandung air dengan kandungan silicon serta vitamin B-5 sehingga mampu mengurangi peradangan pada kulit serta menghaluskan kulit. Bila digunakan sebagai toner maka air mentimun bisa meminimalisir terjadinya peradangan serta gangguan lainnya seperti iritasi.

Sangat berguna bukan? Kandungan vitamin serta beberapa nutrisi lainnya di dalam air mentimun sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh Anda serta mampu merawat kecantikan kulit secara alami. Banyak orang melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memikirkan efek buruknya, maka dari itu mulai sekarang Anda harus memperhatikan kualitas dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Menariknya sekarang banyak minuman sejenis dengan bahan alami tidak hanya dari mentimun saja, sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam meramu minuman sesuai selera. Air mentimun hanya satu contoh dari beragam minuman sehat dan alami yang bisa Anda buat. Jadi jangan ragu lagi untuk konsumsi air mentimun secara rutin agar kondisi tubuh tetap stabil dan sehat.