SHARE
Langkah Mudah Percantik Rambut Gunakan Masker Jahe
Langkah Mudah Percantik Rambut Gunakan Masker Jahe (FOTO : Sindo)

Netizenpos.com – Setiap wanita maupun pria pastinya ingin mendapatkan rambut dalam kondisi sehat sepanjang hari. Namun berbagai kendala seperti panasnya terik matahari sampai polusi udara membuat kondisi rambut menjadi kurang sehat.

Biasanya untuk mengembalikan kesehatan rambut tidak cukup dengan shampoo saja, tetapi harus melakukan beragam perawatan rambut. Jika dilihat dari efek buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas memang sangat mengkhawatirkan mengingat saat ini banyak polusi udara beredar bebas disekitar kita. Untuk memperlancar sirkulasi darah maka folikel rambut harus menyerapt berbagai nutrisi penting serta oksigen sehingga kondisi rambut bisa tetap sehat.

Ada satu cara menarik yang sering digunakan untuk mengembalikan kecantikan rambut yakni masker jahe. Seperti yang kita ketahui jahe sangat baik untuk menghangatkan tubuh sehingga pada persoalan rambut bisa memberikan manfaat lebih terutama dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala.

Sampai sekarang masker jahe digunakan untuk mengembalikan kesehatan rambut, akan tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal harus mengkombinasikan jahe bersama bahan-bahan alami lainnya mulai dari alpukat, air perasan jeruk lemon, serta daun kemangi.

Jika Anda memiliki masalah seputar rambut seperti bercabang, berketombe hingga mudah patah atau rontok bisa gunakan maske jahe untuk mengembalikan kesehatan rambut. Lalu bagaimana caranya?

Dilansir dari Boldsky ada beberapa cara untuk mengaplikasikan masker jahe pada rambut.

Cara Pertama

Pilihlah jahe berkualitas baik dengan ukuran cukup besar tanpa ada lekukan atau mulus. Setelah itu kupas kulit jahe sampai bersih dan haluskan hingga menjadi sebuah pasta. Langkah berikutnya saringlah pasta jahe tersebut lalu pisahkan airnya ke dalam sebuah wadah.

Cara Kedua

Tambahkan satu sendok minyak alpukat ke dalam wadah tadi kemudian aduk rata. Manfaat dari air alpukat sangat baik bagi rambut karena memiliki kandungan asam amino serta vitamin B kompleks dan asam lemak esensial.

Cara Ketiga

Tidak lupa untuk menambahkan setengah cangkir santan ke campuran minyak alpukat dan air jahe tersebt kemudian aduk sampai rata. Kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa bisa memperbaiki ujung rambut yang rusak seperti kasar dan bercabang serta memberikan rasa nyaman pada kulit kepala.

Cara Keempat

Berikan 10 tetes air perasan jeruk lemon ke dalam campuran masker tersebut kemudian aduk hingga rata. Di dalam air perasan jeruk lemon terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala serta menghilangkan bakteri penyebab infeksi di kulit kepala.

Cara Kelima

Sisirlah rambut untuk mengurangi kusut dan pilih bentuk sisir dengan gigi lebih lebar untuk mengurangi kerusakan rambut, lalu oleskan masker jahe langsung ke kulit kepala kemudian pihjat menggunakan jari dalam durasi 10 menit. Tujuan dari pemijatan agar semua kandungan dari maske jahe bisa meresap sempurna ke bagian kulit kepala.

Cara Keenam

Setelah masker jahe dioleskan secara merata lalu diamkan hingga 45 menit dan bilas menggunakan shampoo ataupun kondisioner. Bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Setelah dibilas keringkan rambut menggunakan handuk, akan tetapi jangan menggosok rambut terlalu keras karena bisa memberikan efek kering ke rambut.

Itulah cara mudah untuk menerapkan masker jahe ke kulit kepala serta rambut. Memang dari segi efektifitas kurang cepat dibandingkan perawatan kimia, akan tetapi dari segi keamanan bisa dijamin aman dan bisa dilakukan secara rutin serta tidak mengeluarkan biaya tinggi. Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk bisa mendapatkan rambut lebih sehat.