SHARE
Fungsi Flashdisk Sebagai Proteksi File Pribadi User
Fungsi Flashdisk Sebagai Proteksi File Pribadi User (FOTO : PC World)

Netizenpos.com – Sebuah perangkat penyimpan data ataupun hardisk sangat diperlukan untuk memberikan keamanan kepada semua file di dalam komputer ataupun laptop. Akan tetapi dari media hardisk tersebut masih terbilang kurang praktis karena dari segi ukuran juga kurang flekibel. Maka dari itu banyak pengguna komputer memanfaatkan fasilitas flashdisk yang lebih fleksibel dan berukuran lebih kecil daripada hardisk eksternal.

Perangkat flashdisk juga mudah digunakan serta berbentuk sederhana sehingga saat ini flashdisk menjadi perangkat media penyimpan data paling banyak digunakan. Tidak hanya dari ukuran fisiknya saja, tetapi dari segi kapasitas data juga cukup besar bahkan ada yang memiliki kapasitas mencapai 64GB.

Flashdisk bisa digunakan sebagai media penyimpan sekaligus keamanan data pribadi Anda. Mungkin banyak yang masih belum tahu seperti apa fungsi sebenarnya dari flashdisk tersebut, mari kita simak sama-sama.

Enkripsi Data

Satu fungsi penting dari flashdisk adalah memberikan enkripsi data sehingga semua jenis data atau file bisa tersimpan secara aman dan cepat. Fleksibel dan aman menjadi satu keuntungan jika Anda memakai perangkat flashdisk.

Perangkat Alternatif

Meski banyak orang memakai perangkat hardisk eksternal akan tetapi sekarang di zaman modern dimana setiap orang dituntut harus bekerja secara cepat membuat perangkat flashdisk dipilih menggantikan hardisk eksternal. Dari segi kapasitasnya juga sudah terbilang besar sehingga sangat efisien dan bisa dimasukkan ke dalam saku ataupun dompet untuk mendukung kinerja Anda.

Pengirim File Berukuran Besar

Dunia maya atau internet sudah jadi makanan sehari-hari bagi berbagai kalangan. Zaman modern seperti sekarang memang sangat mudah untuk mengakses internet sehingga kebutuhan akan mengirim file yang penting dan berukuran besar bisa terjadi kapan saja bahkan menjadi satu keuntungan bila Anda memakai flashdisk. Bila koneksi internet tidak terhubung maka perangkat flashdisk bisa jadi satu media untuk menghantarkan data kepada orang lain dengan memanfaatkan jasa kurir pengantar barang. Dari pengiriman tersebut maka data yang dikirim akan terbebas dari pencurian.

Media Backup Data

Kehilangan data memang sangat merugikan, maka dari itu perangkat flashdisk bisa jadi fitur menarik karena tidak hanya pengaman data saja, tetapi bisa membackup data dari berbagai macam kapasitas file, nantinya Anda juga bisa mengenkripsi data di setiap flashdisk.

Mengunci PC

Mungkin dari fungsi satu ini kurang banyak dimengerti karena fungsi flashdisk bisa dipakai untuk mengunci PC. Anda tak perlu memasukkan PIN atau password, cukup dengan memasukkan flashdisk saja maka PC komputer bisa terbuka sendiri. Tetapi dari cara ini juga cukup beresiko apabila flashdisk Anda hilang maka akan semakin susah dalam membuka PC.

Beberapa fasilitas dan fungsi dari flashdisk bisa jadi satu keunggulan bagi penggunanya, maka dari itu bagi Anda yang ingin memanfaatkan fasilitas perangkat flashdisk bisa memakai kapasitas sesuai kebutuhan.

Sekarang merk dari flashdisk juga cukup beragam dan memberikan harga cukup murah, maka Anda harus bisa menentukan pilihan dari merk apa dan kapasitas berapa besar yang diinginkan untuk bisa membackup data ataupun file.