SHARE
Tips Detoksifikasi Organ Liver
Tips Detoksifikasi Organ Liver (FOTO : kesehatan)

Netizenpos.com – Setiap orang pasti memiliki organ hati dimana sangat berguna untuk mengeluarkan racuk di dalam tubuh bahkan bisa menghilangkan sistesia protein serta dari hasil zat sisa pencernaan. Maka sangatlah penting untuk merawat kesehatan hati secara berkala agar tetap maksimal berfungsi setiap harinya. Fungsi hati dari tahun ke tahun bisa mengalami penurunan yang dikarenakan faktor usia dan konsumsi makanan atau gaya hidup.

Beragam masalah kesehatan dari organ hati muncul karena kurangnya pemahaman akan merawat liver secara maksimal. Banyak cara untuk merawat kesehatan liver secara alami sehingga fungsi hati bisa tetap berjalan maksimal, jadi bagi Anda yang ingin organ hati tetap sehat bisa lakukan beberapa cara berikut ini.

Konsumsi Sayuran

Beberapa jenis sayuran bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan liver mulai dari wortel, selada, kale, kubis, arugula dan lainnya. Beberapa anjuran seperti konsumsi bawang merah, putih serta brokoli sangat dianjurkan untuk melakukan detoksifikasi hati secara alami. Untuk porsi makannya setidaknya dilakukan dua porsi setiap hari.

Konsumsi Air Lemon Dan Air Putih

Untuk bisa menyehatkan organ hati sebaiknya konsumsi air putih dalam takaran 7-9 gelas perhari. Dari konsumsi air putih tersebut mampu mengeluarkan racuk di dalam tubuh kemudian dari efek sampingnya adalah sering buang air kecil. Namun dari gejala buang air kecil tersebut bisa membuat racun di dalam tubuh ikut keluar melewati urin. Tidak hanya air putih saja, Anda bisa memanfaatkan jus lemon serta meningkatkan kemampuan detoksifikasi organ hati. Kandungan asam sitrat dari jus lemon akan meningkatkan funsi empedu sehingga proses pengeluaran racuk akan kembali lancar.

Kurangi Lembur Malam

Kegiatan kerja memang membutuhkan banyak tenaga, maka dari itu untuk memberi efek baik pada organ hati atau liver sebaiknya jangan bekerja terlalu keras apalagi mengkonsumsi minuman seperti alkohol ataupun kopi bahkan konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat penenang dan lain-lain. Meski hati sudah bekerja maksimal Anda bisa mengimbangi dengan konsumsi buah ataupun air putih.

Pemijatan

Manfaat dari pemijatan memang kurang banyak diketahui khususnya pada organ liver. Proses pijat akan berguna dalam melancarkan peredaran darah ke bagian liver. Dengan cara memijat secara lembut di bagian bawah tulang sisi kanan maka pada organ hati serta kantung empedu akan merasakan relaksasi sehingga peredaran darah ke organ tersebut bisa tetap lancar.

Tambahkan Zat Mineral

Untuk proses detokfisikasi hati sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak kandungan mineral seperti kalium, seng, mangan magnesium, selenium, sodium, dan besi. Suplemen mineral juga penting untuk mendukung organ hati agar bisa memberi performa lebih baik.

Tambahkan Suplemen Hati

Tidak harus mengkonsumsi suplemen dalam bentuk obat, kemudian gunakan bahan alami seperti kunyit, dengan tambahan milk thistle ataupun ekstrak dandelion. Akar dandelion mampu dimanfaatkan untuk membuat teh dengan diseduh di dalam air mendidih.

Beragam cara untuk menyehatkan organ hati atau liver memang mudah dilakukan, akan tetapi masih belum banyak yang tahu apa saja bahan-bahan untuk menyehatkan organ hati. Dari informasi di atas diharapkan Anda tahu bagaimana cara merawat kesehatan hati serta menghindari faktor pencetus masalah organ hati. Meski saat ini banyak polusi udara serta makanan instan yang berakibat buruk bagi kesehatan, Anda bisa mengimbangi dengan kondumsi makanan alami seperti sayuran, buah, air putih, serta olahraga rutin agar kandungan racun di dalam tubuh bisa keluar sempurna.