SHARE
Manfaat Unik Dari Pelukan Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Unik Dari Pelukan Untuk Kesehatan Tubuh (FOTO : Dunia Fakta)

Netizenpos.com – Banyak orang merasa kurang nyaman bila sering terpapar rasa bersalah ataupun rasa stress. Meski tuntutan kerja tinggi ternyata masih saja terjadi karena kurangnya informasi mengenai cara mencegah rasa stress. Ketika seseorang bertemu dengan orang terdekat biasanya mereka melakukan pelukan. Kebiasaan berpelukan terhadap orang-orang kesayangan ternyata memberikan manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mungkin Anda kurang percaya bila dari berpelukan bisa menghasilkan manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Boldsky, ternyata ada beberapa manfaat unik dari berpelukan yang belum banyak diketahui. Bahkan dari setiap manusia diwajibkan untuk berpelukan sebanyak 4 kali untuk bisa bertahan hidup atau setidaknya memerlukan 8 pelukan dalam 1 harinya untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Jika ingin lebih baik maka setiap hari Anda bisa melakukan 12 kali pelukan untuk membantu pertumbuhan tubuh.

Nah, langsung saja kita bahas seperti apa manfaat unik dari berpelukan yang banyak menyita perhatian.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pelukan ternyata bisa mengurangi kadar rasa stress di tubuh sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak terapi dijalankan pada pasien kanker dimana dengan berpelukan bisa memberikan energi positif bahkan bisa membuat bayi premature tetap bertahan hidup.

Memperlancar Komunikasi

Melakukan satu kali pelukan maka komunikasi antar orang bisa tetap lancar sehingga dari segi kelancaran silahturohmi bisa terus terbuka. Maka dari itu, disarankan bagi setiap orang terus melakukan kebiasaan berpelukan terhadap orang terdekat untuk memperlancar silahturohmi.

Memperbaiki Suasana Hati

Tidak hanya memperlancar komunikasi dan meningkatkan kekebalan tubuh saja, sering melakukan pelukan terhadap orang terdekat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Beberapa zat kimia di dalam otak akan lepas sehingga membuat rasa hati seseorang menjadi lebih nyaman bahkan bisa merasa lebih dicintai dan bisa dipercaya. Bahkan beberapa penelitian membuktikan dengan berpelukan mampu meningkatkan produksi hormone serotonin untuk membuat seseorang merasa bahagia.

Membangun Harga Diri

Berpelukan memberikan rasa lebih baik dalam membangun harga diri seseorang. Jika seorang anak sering mendapatkan pelukan dari orang tua maka dari anak tersebut akan muncul rasa diperhatikan kemudian bisa memberikan karakter lebih baik terhadap kepribadian si anak.

Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda sering berpelukan maka akan memberikan manfaat lebih baik untuk tekanan darah tinggi Anda. Jika seseorang terus melakukan sinyal sentuhan seperti berpelukan maka akan memberikan respon ke syaraf Vagus yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Rasa Emosi

Terkadang seseorang yang sedang marah bisa diredam emosinya dengan cara berpelukan. Memang dari cara tersebut cukup efektif dalam meredam emosi seseorang sehingga akan membuat rasa sabar semakin tinggi. Jadi tidak heran bila seseorang terdekat mengalami emosi maka secara reflek dari lawan jenis akan melakukan pelukan untuk meredam rasa emosi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari berpelukan adalah meningkatkan kesehatan jantung sehingga irama dari detak jantung akan menjadi normal sehingga terhindar dari masalah jantung.

Ketika seseorang melakukan pelukan secara tidak sadar ada banyak manfaat bisa didapatkan. Melakukan kebiasaan berpelukan sebaiknya sering dilakukan setiap hari agar kesehatan tubuh serta mental tetap bisa terjaga secara maksimal. Jadi tidak ada salahnya Anda melakukan pelukan terhadap orang-orang kesayangan Anda untuk menjaga kesehatan mental serta tubuh sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Mungkin terdengar sepele tetapi jika diperhatikan kembali memang untuk menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan secara sederhana.