SHARE
Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja (FOTO : Lifestyle)

Netizenpos.com – Seseorang pasti pernah melakukan wawancara kerja atau interview sebelum diterima sebagai karyawan. Proses interview memang sering kurang maksimal karena dari segi tampilan kurang menarik. Banyak orang merasa bingung ketika ingin melakukan interview terutama dalam menentukan jenis pakaian yang akan digunakan. Beberapa perusahaan mengisyaratkan agar pelamar mengenakan pakaian yang rapih atau berkemeja, sedangkan beberapa perusahaan memberi instruksi untuk mengenakan pakaian bebas.

Bagi pelamar pemula atau lulusan awal memang belum banyak mengalami proses interview sehingga sering kesulitan dalam menentukan jenis pakaian saat wawancara. Dari segi kemampuan kerja serta pengalaman memang tidak bisa dilihat dari cara berpakaian, akan tetapi bagi pemilik perusahaan akan melirik seseorang calin karyawan yang bisa mengatur penampilan lebih baik ketika proses interview.

Bagi Anda yang selama ini merasa kurang percaya diri saat melakukan interview bisa memakai jenis atau gaya pakaian berikut ini.

Tips Pertama

Gunakan pakaian yang memiliki kesan formal dan serasi, meski masih tahap interview ternyata gaya berpakaian harus tetap diperhatikan. Sebaiknya beri tampialn profesional dalam proses wawancara. Bagi wanita bisa memakai kemeja ataupun blazer dengan menambah bawahan berupa rok, sedangkan bagi pria bisa mengenakan kemeja dan celana bahan. Dari segi warna juga penting sebaiknya pilih salah satu warna mulai dari krem, hitam, putih ataupun biru.

Tips Kedua

Pakailah gaya sepatu yang tepat dan gunakan bahan dasar kulit yang bisa menutupi semua bagian bawah kaki. Anda tidak diperbolehkan untuk memakai sepatu jenis kets, sandal, ataupun hal tinggi karena kurang sesuai dengan tema.

Tips Ketiga

Hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan. Untuk wanita tidak perlu memakai kalung, cincin berukuran besar, ataupun gelang emas yang menandakan kesan mewah. Sedangkan bagi pria gunakan produk jam tangan berbahan kulit atau logam dengan tampilan lebih formal.

Tips Keempat

Untuk wanita sebaiknya hindari tampilan make up terlalu tebal  bahkan penggunaan warna juga diperhatikan jangan sampai terlalu mencolok. Pilih warna bedak dan lipstik lebih netral untuk menghilangkan kesan mewah atau menor.

Tips Kelima

Selain pakaian dan sepatu, Anda juga wajib melihat kondisi rambut. Bagi wanita jangan terapkan warna terlalu terang atau memakai banyak warna, kemudian buat kesan lebih rapih dengan cara mengucir atau memotongnya. Jika kondisi rambut dalam keadaan pendek sebaiknya gunakan pelembab agar tak mengembang. Sedangkan bagi pria juga harus melihat kondisi dan gaya rambut jangan sampai terlalu panjang ataupun kusam. Pakailah gel rambut untuk menata rambut agar terlihat elegan.

Tips Keenam

Pilihlah parfum sesuai selera ataupun tidak terlalu menyengat. Sebaiknya gunakan wangi parfum lebih lembut sehingga saat proses wawancara tidak terlalu kuat.

Tips Ketujuh

Lihat kembali mengenai warna pakaian, apakah ada kendala mulai dari kerutan, sobek ataupun terdapat noda. Tidak hanya itu, kondisi kesehatan tubuh seperti kuku dan mulut juga dicek agar tidak kotor dan berbau.

Berbagai posisi kerja sangat memperhatikan penampilan, sehingga bagi pelamar wajib melihat kualitas bahan pakaian serta gaya dari pakaian tersebut. Jika masih merasa ragu mintalah pendapat kepada orang lain mengenai gaya berpakaian yang cocok dan sopan untuk proses wawancara.

Meski banyak orang kurang memperhatikan, akan tetapi keberhasilan dan kelancaran proses interview bisa dilihat dari cara berpakaian pelamar. Bagi pemilik perusahaan juga wajib melihat kebersihan calon karyawan sebelum merekrutnya.