SHARE
Tipe Garam Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan
Tipe Garam Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan (FOTO : Lifestyle)

Netizenpos.com – Siapa yang tak mengenal satu bahan makanan berupa garam. Proses pembuatan garam juga tidak cepat karena membutuhkan proses berhari-hari. Kandungan di dalam garam untuk masakan kini sangat beragam sehingga aman dikonsumsi setiap hari bahkan bisa berguna untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari halaman Health.com, terdapat jenis garam sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari sebagai bumbu masakan, bahkan dari catatan American Heart Association juga memberi rekomendasi dari asupan garam minilam 1.500miligram perhari datau dalam takaran dua pertiga sendok teh.

Bagi Anda yang sudah penasaran mengenai jenis garam apa saja untuk dikonsumsi setiap hari, berikut kami ulas secara lengkap garam apa saja yang aman dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Garam Beryodium

Satu jenis garam yang sangat familiar di masyarakat adalah garam beryodium dimana sudah jadi satu kebutuhan dapur untuk bumbu masakan serta sangat berguna untuk kesehatan terutama pencegahan pembengkakan kelenjar tiroid. Dari jenis garam satu ini menjadi paling cepat larut ketika dimasukkan ke dalam makanan sehingga sangat cocok untuk bumbu masakan. Gunakan garam beryodium dengan takaran yang sama agar manfaatnya bisa sangat baik untuk tubuh.

Garam Kosher

Jenis garam Kosher memang belum familiar di masyarakat karena dari jenis tersebut sudah biasa digunakan para chef profesional untuk membuat rasa lebih ringan ataupun datar. Dari segi bentuknya juga berbeda dengan tampilan sedikit kasar mampu menambah kerenyahan sebuah makanan. Garam Kosher memiliki kandungan yodium lebih sedikit sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Rata-rata para chef sudah memakai jenis garam kosher untuk beragam jenis masakan.

Garam Laut

Jenis garam lainnya juga menarik yakni garam laut dimana dari segi teksturnya lebih besar serta memiliki kandungan sodium lebih rendah namun dari rasa sangat kuat. Dari jenis garam laut tidak disarankan dikonsumsi secara berlebihan apalagi setiap hari karena dari teksturnya cukup kasar dan sangat lama larut di dalam air. Namun, beberapa masakan seperti salad, garnish sup serta kukis chocolate chip sering memakai garam laut. Beberapa masyarakat percaya jika mandi memakai garam laut ditambah air hangat maka bisa mengurangi rasa pegal di tubuh, jadi Anda bisa mencobanya.

Garam Rendah Sodium

Satu jenis garam terakhir adalah Rendah Sodium atau sering disebut dengan garam non yodium. Kandungan natrium klorida atau garam sangat mudah terpotong menjadi beberapa bagian mulai dari kalium klorida sehingga saat dipanaskan akan terasa lebih pahit. Dari manfaat garan rendah sodium tersebut mampu dipakai sebagai pengobatan darah rendah, akan teapi bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak diperkenankan mengkonsumsinya. Penggunaan garam rendah sodium biasanya dipakai bersama makanan sehingga tidak perlu memasaknya secara bersamaan.

Kandungan mineral di dalam garam memang sangat berguna untuk penambah rasa, namun ada juga jenis garam yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Sekarang Anda bisa mendapatkan produk garam di atas tanpa bersusay payah. Jadi perlu kita ketahui apa saja manfaat serta jenis garam yang selama ini masih belum banyak diketahui.