SHARE
Daftar Merk Ponsel Yang Sering Mendapat Komplain
Daftar Merk Ponsel Yang Sering Mendapat Komplain (FOTO : JalnTikus)

Netizenpos.com – Setiap kalangan sekarang sudah bisa menikmati canggihnya sebuah smartphone di dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan sudah banyak merk-merk smartphone menarik yang memberi inovasi baru dari berbagai bagian. Sebuah smartphone kini jadi kebutuhan utama dan sudah menjadi barang wajib ketika beraktivitas dimana saja dan kapan saja.

Karena sering dipakai untuk kebutuhan sehari-hari ternyata sebuah smartphone bisa mengalami kerusakan atau memiliki banyak masalah. Beberapa survey terutama dari Blancco Technology Group menyimpulkan ada beberapa brand ponsel yang sering mengalami masalah. Dari hasil surveinya sudah memberi pernyataan bahwa dalam 85% smartphone di pasaran sudah memberikan banyak kendala. Lalu apa saja brand dari smartphone Android yang sering mengalami masalah?

Samsung

Dari beragam brand smartphone ternyata Samsung menjadi satu merk yang sering mendapat komplain. Kita tahu bahwa Samsung sudah jadi merk ternama dan sampai sekarang berhasil menguasai pangsa pasar didunia. Dari total keluhan mencapai 27% memberikan bukti bahwa vendor Samsung sering mengalami masalah. Tidak hanya dari varian Samsung Galaxy Note 7 yang meledak pada waktu lalu saja, namun beberapa varian smartphone Samsung bahkan dari produk lama dan kelas entry level juga sering mengalami masalah. Rata-rata masalah dari smartphone Samsung datang dari smartphone kelas entry level yang dibekali sparepart kurang maksimal.

Lenovo

Brand kedua yang sering mendapat komplain adalah Lenovo. Total komplain brand Lenovo mencapai 21% yang rata-rata mengeluhkan soal performa yang tak sesuai dengan ulasan spesifikasinya bahkan beberapa masalah seperti build quality yang kurang baik serta kendala dari Vibe UI juga sering dikeluhkan.

Tentu saja, dari informasi ini sangat mengejutkan mengingat brand Lenovo masih belum terlalu mendominasi pasaran. Saat ini Lenovo hanya memiliki market share kurang dari 5% dimana kendala produk smartphone masih menjadi batu sandungan untuk bisa bersaing dengan brand lainnya.

Motorola

Dari brand selanjutnya yang sering mengalami masalah adalah Motorola dimana produknya memang dianggap sering mengalami masalah. Dari hasil survey terdapat angka yakni 18% peserta survey mengeluhkan ke brand Motorola dalam merakit smartphone berkelas tinggi.

Asus

Mungkin Anda sudah mengenal brand smartphone Asus dimana keluhan yang paling sering diutarakan adalah kendala panas dari processor Intel. Penggunaan processor Intel di smartphone Asus memang kurang mendukung kegiatan game sehingga wajar bila keluhan dari smartphone Asus berkutat di masalah suhu ponsel. Brand Asus mendapat keluhan konsumen sebanyak 8%, akan tetapi dari segi penjualan brand Asus sudah cukup baik dan bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan.

Itulah beberapa brand smartphone yang sering mengalami masalah menurut hasil survey Operating Systems. Akan tetapi dari kerusakan ataupun gangguan di sebuah smartphone bisa terjadi oleh salah penggunaan atau perawatan. Rata-rata dari masalah yang sering muncul berkutat soal pengisian baterai dan jarang mengupdate sistem operasi sehinga performa dari ponsel menjadi kurang cepat.

Sekali lagi dari segi produknya sangat beragam dan bila ada masalah segeralah perbaiki ke service center. Masalah atau gangguan di sebuah smartphone memang cukup mengganggu aktivitas pengguna, maka dari itu untuk satu smartphone yang sering dipakai kegiatan sehari-hari sebaiknya terus mendapatkan perawatan dari cara pemakaian serta pengisian baterai.

Kita tahu dari segi harga sebuah smartphone berspesifikasi tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk membelinya. Maka dari itu Anda bisa mempertimbangkan dari hasil survey tersebut agar bisa membeli brand terbaik dan mampu merawatnya secara maksimal.