SHARE
Ingin Beli UPS, Kenali Dahulu Faktor Penentunya
Ingin Beli UPS, Kenali Dahulu Faktor Penentunya - Bhineka

Netizenpos.com – Sebuah perangkat PC komputer memiliki spesifikasi tinggi untuk kebutuhan pengguna dalam kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi sering pengguna PC komputer mengeluhkan kondisi tegangan listrik yang berubah bahkan padam. Memang dari permasalahan listrik sering jadi kendala pengguna PC komputer sehingga untuk mengatasinya memerlukan perangkat UPS.

Mungkin anda membutuhkan perangkat UPS, akan tetapi sebelum membeli analisa dahulu apa saja faktor penentunya, apakah Anda benar membutuhkannya? Maka dari itu kami akan menjelaskan satu persatu apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli perangkat UPS.

Kenali Arti UPS

Sebelum membeli sebuah UPS sebaiknya kenali pengertian dari UPS, jangan sampai Anda membeli sebuah perangkat UPS hanya karena trend saja. UPS menjadi perangkat penting dengan kepanjangan dari Uninterruptible Power Source dimana fungsinya menyediakan listrik darurat ketika tegangan listrik tidak stabil atau padam. Pada UPS terdapat baterai untuk memberi aliran listrik akan tetapi dari durasinya tidak terlalu lama bisa sampai 5 atau 15 menit saja.

Lihat Perangkat Yang Akan Dipasan UPS

UPS memang digunakan untuk penyedia daya listrik ketika aliran listrik di rumah mati, namun perlu diketahui tidak semua perangkat elektronik bisa memakai UPS. Biasanya UPS ditujukan untuk perangkat yang tidak bisa dimatikan secara mendadak seperti konsol game ataupun pc komputer. Maka dari itu lihat dahulu peruntukannya.

Lihat Kondisi Listrik

Selain perangkat komputer, Anda juga perlu mempertimbangkan frekuensi dari pemadaman listrik ditempat tinggal Anda. Bila dalam dua hari atau tiga hari sekali terjadi pemadaman listrik sebaiknya pakai UPS, akan tetapi bila dalam satu tahun sangat jarang terjadi pemadaman listrik maka penggunaan UPS menjadi opsi kedua atau tidak wajib. Biasanya penggunaan UPS ditujukan pada daerah yang sering mengalami pemadaman listrik terutama di daerah pedesaan.

Pertanyakan Listrik Di Daerah Apakah Stabil

Kestablian aliran listrik di lokasi Anda juga patut dipertimbangkan karena bisa mempengaruhi perangkat PC komputer. Untuk bisa mengecek kestabilan listrik Anda bisa memakai alat AVO meter dengan tanda tegangan tertuju pada tegangan 220volt saja dan tidak ada perubahan.

Frekuensi Sambaran Petir

Sambaran petir dan hujan daerah juga harus diperhatikan karena perangkat elektronik seperti PC komputer sangat sensitive terhadap sambaran petir sehingga bisa membuat komponen hardware mengalami kerusakan. Maka dari itu jika di daerah tempat tinggal Anda sering mengalami sambaran petir maka perlu adanya Surge Protector, akan tetapi ada pilihan lainnya yakni gunakan UPS yang sudah dibekali fitur Surge Protector untuk anti petir.

Pilih Brand UPS

Memilih brand UPS perlu pengetahuan lebih karena tidak hanya dari segi harga murah saja, tetapi Anda harus memperhatikan kualitas dari UPS tersebut. Sebagai gambaran sebuah UPS dengan merk asal-asalan atau rakitan dengan bungkusan bodi seperti baru akan memperlihatkan kinerja UPS kurang maksimal sehingga sangat riskan jika dipakai jangka panjang. Maka dari itu belilah UPS di toko resmi yang sudah memiliki izin.

Keperluan perangkat UPS memang cukup penting untuk mengantisipasi aliran listrik yang padam. Beragam merk dari UPS sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran, jadi sudah bukan barang asing lagi bagi pengguna PC komputer yang menginginkan keawetan ketika listrik padam. Maka dari itu bagi pemilik PC komputer hendaknya melihat dahulu seperti apa kualitas dari UPS serta kondisi lingkungan terutama dari frekuensi matinya aliran listrik.