SHARE
Problem Kulit Setelah Liburan Panjang
Problem Kulit Setelah Liburan Panjang (FOTO : Sindo)

Netizenpos.com – Musim liburan panjang menjadi satu momen mengasyikkan untuk pergi mengunjungi tempat wisata unik di dalam maupun luar negeri. Rata-rata waktu liburan lebih dari 3 hari tergantung dari waktu yang tersedia. Akan tetapi dari proses liburan tersebut sering terjadi gangguan terhadap kondisi tubuh terutama dari bagian kulit.

Kita tahu bahwa bagian kulit menjadi paling sensitif terhadap suhu udara maupun polusi sehingga mampu menimbulkan beragam masalah setelah selesai liburan. Beberapa masalah muncul seperti jerawat, kulit terbakar ataupun kulit kering. Mungkin Anda tak menyadari bahwa kondisi kulit bisa mengalami masalah jika terlalu lama berada di luar ruangan.

Memang dari gejalanya tidak terasa namun ketika liburan selesai biasanya muncul tanpa disadari. Mungkin Anda penasaran apa saja masalah kulit yang sering muncul setelah liburan. Berikut beberapa gangguan yang sering muncul saat liburan selesai.

Kulit Berjerawat

Gangguan paling banyak muncul dari beragam usia adalah jerawat. Munculnya jerawat dalam jumlah banyak dan beragam ukuran bisa disebabkan kadar oksigen yang kurang serta kelembapan di dalam pesawat kurang berdampak baik terhadap kulit wajah. Dari kondisi tersebut maka kulit akan memproteksi dengan sendirinya yakni memproduksi minyak berlebih kemudian menjadi cikal bakal munculnya jerawat. Maka dari itu bagi wanita sebaiknya tetap memakai produk kecantikan saat di dalam pesawat berupa serum ataupun pelembab wajah.

Kulit Terbakar

Satu gangguan yang familiar di kalangan pria maupun wanita adalah kulit terbakar. Dari gangguan ini seringkali muncul setelah berlibur ke daerah pantai atau di ruangan terbuka. Secara tidak sadar kondisi kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama akan merusak pigmen kulit sehingga sering mengalami gangguan lebih gelap. Namun Anda tak perlu khawatir dari gangguan ini bisa diatasi dengan cara mandi air dingin untuk mengembalikan kesejukan kulit. Jangan gosok bagian kulit tubuh tetapi bilas saja dengan sabun secara lembut kemudian tambahkan lotion jika kulit terasa kering.

Kulit Berminyak

Tidak hanya kondisi kulit kering saja, dari gangguan lainnya seperti berminyak juga sering muncul karena efek dari keringat berlebih. Maka bagi wanita sebaiknya hindari pemakaian produk kecantikan dengan bentuk bubuk karena bisa menyumbat pori-pori bahkan menjadi pencetus munculnya jerawat. Bawalah kertas penghisap minyak di kulit serta tabir surya berbahan air untuk menghilangkan rasa lengket serta mengontrol produksi minyak agar tidak berlebihan.

Muka Kusam

Kondisi rambut lepek dan kulit kusam menjadi masalah paling sering terjadi ketika selesai berlibur. Kondisi lingkungan berbeda dari panas atau lebih dingin akan membuat kondisi rambut mengalami perubahan secara cepat. Maka dari itu, gunakan produk perawatan rambut yang bisa menjaga kesehatan rambut sehingga produksi minyak dari akar rambut akan berkurang.

Kulit Kering

Menjadi satu hal yang familiar ketika kulit menjadi lebih kering saat selesai liburan. Bagi pengguna transportasi pesawat pastinya mengalami kondisi kulit kering karena kabis pesawat kurang memberi efek baik untuk kulit. Agar kondisi kulit tetap lembab cobalah konsumsi air putih secara rutin atau hindari konsumsi kacang dan minuman beralkohol.

Memang bagi wisatawan sebaiknya menyisakan satu atau dua hari untuk melakukan perawatan kulit serta tubuh sehingga bisa terhindar dari permasalahan di atas. Tidak hanya itu saja, membekali diri dengan produk kecantikan juga hal wajib bagi wanita bahkan untuk pria sekalipun. Itulah informasi mengenai masalah kulit yang sering muncul setelah selesai liburan, semoga bermanfaat.