SHARE
Hati-Hati Daftar Kosmetik Berikut ini Berbahaya Jika Terlalu Berlebihan Dipakai
Hati-Hati Daftar Kosmetik Berikut ini Berbahaya Jika Terlalu Berlebihan Dipakai (FOTO : lifestyle)

Netizenpos.com – Kecantikan wajah memang penting untuk menunjang kebutuhan kerja maupun sehari-hari. Memilih produk kecantikan bisa diibaratkan seperti dua sisi mata uang dimana pada satu sisi bisa memperlihatkan tampilan lebih cantik tetapi dari sisi lainnya malah memberi efek buruk pada kecantikan wajah.

Memang tidak terlalu mudah untuk menentukan produk kecantikan kulit karena sekarang ini banyak merk yang sangat mudah dipalsukan. Banyak wanita merasa tertipu ketika membeli satu produk kecantikan yang ternyata malah merugikan kesehatan kulit.

Jadi bagi setiap wanita harus tahu mengenai produk apa kecantikan apa saja yang bisa memberi efek buruk pada kesehatan kulit apalagi jika digunakan secara berlebihan. Alih-alih mendapatkan tampilan cantik, tetapi yang didapat berupa kulit iritasi karena memakai secara berlebihan. Dilansir Boldsky ternyata ada beberapa produk kecantikan yang kurang baik jika dipakai secara berlebihan.

Sikat Pembersih

Setiap wanita pasti tahu akan perangkat sikat pembersih atau biasa disebut cleansing brushes. Ternyata jika digunakan secara berlebihan malah memunculkan beragam masalah pada kulit seperti terjadi iritasi ataupun peradangan. Fungsi dari cleansing brushes adalah mengangkat kotoran serta debu yang melekat pada kulit akan tetap dari kondisi sikat kurang halus atau kasar bisa menimbulkan masalah pada kulit. Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti secara rutin perangkat cleansing brushes.

Sunscreen Vitamin A

Menarik dari produk sinscreen vitamin A memberi efek kurang baik jika dipakai secara berlebihan. Ternyata beberapa hasil studi memberi pernyataan bahwa penggunaan krim pelindung sinar matahari dengan kandungan vitamin harus dihindari karena pada saat terkena sinar matahari maka vitamin A tersebut akan membuat sel kanker di bagian kulit. Maka dari itu kandungan dasar dari vitamin A atau retinol seharusnya tidak digunakan pada siang hari. Retinol biasanya terdapat pada produk krim malam, jadi harus berhati-hati dalam penggunaan sunscreen vitamin A.

Produk Dry Shampoo

Banyak produk menarik dan inovatif untuk memberi kesehatan pada kulit kepala serta rambut agar tetap terjaga sempurna. Akan tetapi jenis dry shampoo malah memberikan hasil sebaliknya jika dipakai berlebihan karena membuat pori-pori kulit tersumbat akibat banyaknya kotoran dan minyak di bagian kulit kepala.

Jika menggunakan dry shampoo sebaiknya berikan jeda untuk mencuci shampoo agar kotoran, bahan kimia, dan kotoran bisa berkurang di bagian kulit kepala.

Lipstik Cair

Pastinya para wanita sudah familiar dengan produk lipstik cair tersebut karena dinilai lebih praktis dan mampu memberi daya lekat lebih baik. Akan tetapi tahukah Anda bila seharusnya dalam penggunaan lipstik cair lebih berhati-hati karena sifatnya liquid lipstik akan membuat kondisi bibir cepat kering dan pecah-pecah. Jika sudah terlalu sering dan tak bisa beralih ke jenis lipstik lain sebaiknya tambahkan minyak kelapa setelah memakai lipstik cair tersebut agar kondisi bibir tidak terlalu kering.

Menariknya dari produk-produk kecantikan di atas sudah dijual secara bebas di pasaran. Maka bagi para wanita harus lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan kulit. Meski terbilang murah tetapi bila tidak diperhatikan penggunaannya bisa memberi harga lebih mahal pada sisi pengobatannya. Sebenarnya gangguan kulit pada wajah ditimbulkan dari hal sederhana seperti tidak merawat peralatan kesehatan kulit dan salah memilih kosmetik. Jadi alangkah baiknya jika berkonsultasi ke dokter kulit atau pakar kesehatan kulit untuk memilih jenis produk kecantikan yang sesuai dengan karakteristik kulit.