SHARE
Masalah Kesehatan Yang Sering Dihadapi Wanita Gemuk
Masalah Kesehatan Yang Sering Dihadapi Wanita Gemuk (FOTO : Lifestyle)

Netizenpos.com – Siapa yang tak mengenal satu kondisi tubuh dengan berat badan lebih atau obesitas, ternyata di zaman modern sekarang jumlah penderita obesitas semakin bertambah. Faktor utama adalah pola makan yang salah dan gaya hidup tidak sehat. Kita tahu dari obesitas bisa memunculkan beragam masalah kesehatan. Bagi seorang wanita dengan kondisi tubuh gemuk bisa berpotensi besar mengidap beberapa penyakit.

Beberapa sumber media memberi penjelasan bahwa bagi wanita dengan kondisi gemuk bisa menyulitkan lahirnya keturunan bahkan berpotensi besar terkena penyakit kardiovaskular. Bagi wanita yang memiliki tubuh gemuk harap berhati-hati syukur bisa merubah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat karena dari kondisi obesitas tersebut bisa memunculkan beragam masalah kesehatan. Lalu apa saja masalah kesehatan tersebut?

Infertilitas

Banyak penelitian memberi informasi bahwa bagi wanita dengan kondisi tubuh berlemak tinggi atau obesitas bisa mempengaruhi ovulasi dan kesuburan. Gejala awalnya bisa terlihat seperti mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi lemak menumpuk di dalam perut hingga ke bagian rahim akan meningkatkan resiko infertilitas. Jadi mulai sekarang kontrol berat badan dan berpindah ke pola hidup sehat.

Kegagalan Melakukan Bayi Tabung

Satu lagi masalah kesehatan bagi wanita obesitas yakni sangat sulit untuk menjalankan program bayi tabung karena faktor berat badan berlebih. Dari tingkat keberhasilannya juga diklaim lebih kecil dibanding wanita dengan kondisi tubuh ideal atau langsing. Jadi bila Anda ingin menjalankan program bayi tabung setidaknya turunkan berat badan dahulu agar prosesnya bisa berjalan lancar dan berhasil.

Meningkatkan Resiko Keguguran

Dari kondisi wanita obesitas memberikan resiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran. Para peneliti juga memperkirakan dari jumlah wanita obesitas meningkat tiga kali lipat bahkan sangat berpotensi besar mengalami keguguran atau melahirkan secara premature. Potensi keguguran dan lahir premature bisa diminimalisir dengan mengatur berat badan ke posisi ideal.

Pencetus PCOS

Pada kondisi wanita obesitas maka produksi insulin akan meningkat sehingga membuat proses ovulasi kurang maksimal. Jika tidak ditangani secara dini maka akan memicu gangguan Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS. Dari kondisi PCOS tersebut sering dialami wanita modern dengan gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum-minuman keras berkalkohol dan mengkonsumsi makanan instan.

Penyakit Kardiovaskular

Tidak hanya dari infertilitas saja, wanita obesitas juga sangat rentan terkena penyakit kardiovaskular diantaranya hipertensi, stroke, gagal ginjal, jantung, dan lain-lain.

Sudah banyak bukti dari gangguan kesehatan pada wanita obesitas, maka dari itu dari sekarang berubahlah dengan menjalankan hidup sehat yakni mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah serta olahraga secara teratur. Melakukan pola hidup sehat saja sudah mencegah Anda terkena penyakit kardiovaskular, jadi tidak terlalu sulit bukan?