SHARE
Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Ketika Terlalu Lama Di Depan Laptop
Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Ketika Terlalu Lama Di Depan Laptop (FOTO : Jalan Tikus)

Netizenpos.com – Banyak orang beranggapan bahwa bekerja di depan komputer ataupun laptop tidak mempunyai resiko bahkan dikategorikan sebagai pekerjaan santai. Namun, jika dirasakan ternyata beberapa posisi menyebabkan gangguan kesehatan tidak hanya dari bagian tulang punggung saja, tetapi dari organ mata juga mengalami gangguan.

Memang banyak aktivitas dilakukan di depan komputer ataupun laptop sehingga perlu mengetahui apa saja resiko serta cara pengobatannya jika sudah terjadi. Maka, dengan artikel berikut akan dijelaskan secara detail apa saja gangguan kesehatan yang bisa Anda alami jika terlalu banyak beraktivitas di depan komputer.

Terlalu Lama Duduk

Sudah pasti banyak orang mengalami gangguan yang disebabkan terlalu lama duduk. Beberapa penelitian membuktikan jika seseorang sangat sering menghabiskan waktu selama seharian berada di depan komputer maka peluang untuk terjadinya gangguan tulang punggung akan semakin besar. Beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, kanker, dan beberapa lainnya akan mengancam kesehatan Anda. Maka ada beberapa cara untuk mengobatinya mulai dari istirahat selama 5 menit secara berkala, berjalan serta melakukan peregangan, dan lakukan latihan seperti menggerakkan beberapa bagian seperti tangan, leher, jari jemari, serta bagian kepala.

Mengubah Postur Tubuh

Kegiatan duduk dalam durasi lama juga menyebabkan perubahan postur tubuh. Jika Anda kurang melakukan aktivitas seperti berjalan ataupun berdiri maka beberapa gangguan seperti sakit punggung, pundak serta leher akan muncul. Pengaruh terhadap otot di bagian tertentu akan memberi rasa sakit bahkan jika sudah parah akan mengubah postur tubuh. Ada beberapa pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemijatan punggung serta leher, membuat posisi ujung monitor berada di garis lurus dengan mata serta memakai kursi lebih nyaman sehingga bagian tulang punggu bisa lebih santai.

Timbulnya RSI

Repetitive Strain Injury atau RSI bisa diakibatkan oleh gerakan fisik yang dilakukan secara terus menerus dan repetitive. Beberapa bagian syaraf seperti otot, tendon, otot dan jaringan lainnya bisa rusak jika sudah terkena RSI. Satu lagi gangguan kesehatan yang bisa Anda alami yakni Carpal Tunnel Syndrome yang disebabkan oleh kegiatan repetitive contohnya saja bekerja di depan komputer. Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan peregangan tangan secara berkala serta menjaga kondisi tangah dan lengan dalam keadaan rileks.

Gangguan Mata

Tidak menjadi hal asing lagi bila pekerjaan yang menyita waktu di depan layar komputer dan laptop bisa mengurangi kualitas pandangan mata. Bahkan tidak hanya dari bagian mata saja, beberapa gejala seperti sakit kepala, mata berair, serta terasa pedih menjadi gangguan awal yang disebabkan terlalu lama melihat layar komputer. Sebenarnya ada kegiatan sederhana bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata mulai dari perbanyak kedip, hindari sinar terlalu terang, gunakan lampu ruangan yang lebih terang, serta pakailah kualitas layar yang tepat.

Depresi

Mungkin Anda tak pernah berpikir jika memandangi layar komputer dalam waktu lama akan menjauhkan Anda dari interaksi luar ataupun di lingkungan sekitar. Maka, beberapa gangguan seperti mudah gelisah, selalu cemas, merasa terisolasi, dan depresi akan sering muncul. Ada beberapa cara mudah untuk menanggulangi rasa dpresi mulai dari meditasi, jalan cepat, minum air putih, bernapas secara teratur, serta beristirahatlah.

Beragam gangguan kesehatan di atas sebenarnya bisa ditanggulangi dengan mudah bahkan Anda bisa menghidari gejala awalnya dengan memperhatikan faktor pencetusnya. Semoga informasi di atas bisa memberi manfaat lebih baik bagi Anda yang sering bekerja di depan komputer dalam waktu lama.