SHARE
Daftar Aplikasi Pengubah Smartphone Menjadi Scanner
Daftar Aplikasi Pengubah Smartphone Menjadi Scanner (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Sampai saat ini banyak pengguna smartphone mengetahui fungsi dari smartphone mereka untuk kegiatan browsing data sampai mengakses media sosial. Namun saat ini ponsel Android bisa digunakan sebagai scanner. Memang sangat menarik dan terbilang unik dimana perangkat smartphone bisa dijadikan alat scanner yang selama ini masih menjadi perangkat utama selain printer.

Biasanya untuk kegiatan scan banyak orang memakainya untuk scan QR Bacode, namun bila Anda ingin perangkat scanner yang bisa menyimpan dokumen bahkan dari bentuk teks, JPEG, dan PDF sekalipun gunakan saja aplikasi scanner untuk Android berikut ini.

Fast Scanner : Free PDF Scan

Aplikasi pengubah smartphone menjadi scanner pertama adalah Fast Scanner : Free PDF Scan yang mampu memproses file ke dalam format JPEG serta memberi efek scan grayscale, serta black and white. Bahkan dari aplikasi satu ini mampu mengimport file langsung dari galeri ponsel yang nantinya akan diubah ke format PDF.

Clear Scanner : Free PDF Scan

Aplikasi scanner tersebut bisa berguna untuk scanner dengan hasil file PDF yang langsung dicetak ke beragam ukuran mulai dari legal, A4, dan letter. Bahkan aplikasi satu ini dilengkapi dengan fitur koreksi yang bisa mengubah kecerahan cahaya dan pengguna bisa menyimpan langsung ke dalam cloud storage mulai dari One Drive, Google Drive, Sky Drive, Dropbox, dan Evernote.

Scanbot

Menariknya dari aplikasi scanner Scanbot bisa menyimpan file berupa PDF ataupun JPG dengan menghadirkan resolusi 200dpi. Scanbot juga bisa mendeteksi barcode dari beragam produk ditambah bisa menyesuaikan hasil scanning sesuai keinginan bahkan menyediakan filter color, black and white serta grey.

Office Lens

Dari aplikasi Office Lens tersebut sudah menjadi Best Apps of 2015 yang selama ini dikembangkan oleh Microsoft sehingga Anda bisa memotret file yang kemudian disimpan ke format PDF, Power Point, dan Word.  Tidak hanya itu, dari Office Lens tersebut juga terhubung ke layanan OneDrive, sehingga sangat mudah dan aman untuk menyimpan segala jenis dokumen.

Tiny Scanner

Aplikasi scanner selanjutnya yakni Tiny Scanner juga bisa memberi keuntungan bagi pengguna smartphone dimana merubah file foto menjadi PDF dalam waktu cepat. Kelebihan dari aplikasi Tiny Scanner yakni memberi kemudahan untuk mengedit kontras di dalam teks monokrom sehingga lebih jelas serta memproteksi file PDF memakai password.

Turbo Scan

Aplikasi Turbo Scan juga bisa digunakan untuk memberi proses scanning gambar dalam kurun waktu kurang 3 detik saja, tidak hanya itu saja bahkan aplikasi tersebut masih dalam kondisi low light dengan hasil lebih detail.

Quick PDF Scanner Free

Aplikasi menarik yang bisa mengubah smartphone menjadi scanner yakni Quick PDF Scanner Free memberikan aplikasi menarik mulai dari menangkap gambar portrait dan landscape bahkan dibekali fitur tools editing mulai dari focus dan white balance. Pengguna masih bisa mengconvert file PNG, JPEG, GIF, BMP, WEBP ke dalam format PDF.

Genius Scan

Hadirnya satu aplikasi scanner bernama Genius Scan memang memberi keuntungan bagi penggunanya mulai dari menyimpan data berupa PDF dan JPEG. Bahkan dari segi keamanan sangat terjamin.

Dari semua aplikasi di atas bisa langsung Anda rasakan dan menjadi aplikasi menarik yang selama ini dibutuhkan pecinta gadget. Nantinya dari aplikasi tersebut akan mengubah smartphone menjadi sebuah scanner untuk mendukung semua kegiatan Anda.