SHARE
Tips Tepat Atasi Baterai Smartphone Tak Dapat Diisi
Tips Tepat Atasi Baterai Smartphone Tak Dapat Diisi (FOTO : Detekno)

Netizenpos.com – Penggunaan smartphone seringkali tanpa memperhatikan batas waktu bahkan tidak mendapat perawatan maksimal. Kegiatan seperti bermain game sampai akses media sosial juga membuat performa dari smartphone semakin panas dan memiliki dampak buruk pada penggunaan baterai. Mengingat kegiatan pemakai ponsel semakin tinggi maka brand smartphone membenamkan baterai berkapasitas tinggi, akan tetapi masalah muncul ketika baterai tidak bisa diisi ulang yang disebabkan beberapa kegiatan kurang mengutungkan seperti bermain game dalam durasi lama.

Mungkin Anda sering mengalami masalah dimana baterai smartphone tidak bisa diisi ulang, padalah semua kebutuhan Anda berada di dalam ponsel tersebut. Namun, jangan cemas karena Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini sebagai upaya mengembalikan fungsi baterai.

Merestart Ponsel

Cara pertama Anda harus merestart ponsel, karena dari cara ini cukup efektif untuk menghilangkan chace yang membebani bagian RAM. Gangguan dari baterai tidak bisa diisi bisa dari kapasitas RAM yang semakin kecil karena banyaknya chace yang bisa disebabkan oleh penggunaan situs internet.

Kalibrasi Baterai

Jika sudah melakukan porses restart namun baterai masih mengalami masalah ada cara lainnya yakni melakukan kalibrasi baterai. Cara ini cukup efektif karena smartphone akan menstimulasi baterai untuk kembali ke fungsi awalnya seperti baru, bisa diibaratkan Anda mereset bagian baterai agar bisa terhindar dari sistem error.

Cek Adapter Charger

Memakai charger yang berbeda dari bawaan smartphone tentu akan merusak baterai dalam jangka panjang. Maka dari itu Anda bisa memakai adapter bawaan atau asli dari smartphone. Memang dari segi harga sangat berbeda dari versi lainnya, namun jika masih belum berhasil gantilah memakai adapter charger ponsel dengan kapasitas Ampere lebih besar.

Cek Port USB Ponsel

Tidak hanya dari adapter charger saja, tetapi Anda bisa mengecek bagian port USB yang biasa digunakan untuk mengisi baterai. Bisa jadi dengan banyaknya debu dari port USB menyebabkan masalah seperti tidak bisa mengisi baterai ponse. Maka cara paling mudah hilangkan memakai tusuk gigi ataupun lidi untuk bisa mengembalikan posisi port USB ke asalnya atau membersihkan kotoran dan debu sekitar port.

Perhatikan Sumber Daya

Selain mengecek adapter, ternyata sumber daya juga penting karena jangan sampai melebihi angka di adapter. Mengisi daya baterai ponsel harus dengan sumber daya lebih rendah akan memberi efek buruk pada baterai. Satu kebiasaan seperti mengisi baterai melalui port USB komputer ataupun laptop akan memberi dampak buruk pada baterai ponsel.

Pakailah Desktop Charger

Cara terakhir adalah memakai desktop charger dimana pada smartphone dengan baterai removable bisa memanfaatkan desktop charger tersebut. Anda bisa membeli perangkat desktop charger dengan harga murah di gerai-gerai ponsel terdekat.

Itulah cara mudah untuk mengatasi pengisian baterai yang bermasalah. Satu hal terpenting dalam merawat baterai adalah merawat fungsi dari smartphone dan jangan dipakai untuk bermain game dalam durasi lama bahkan dimainkan saat proses pengisian baterai berlangsung.