SHARE
Daftar Robot Paling Keren Yan Sudah Diciptakan
Daftar Robot Paling Keren Yan Sudah Diciptakan (FOTO : Jalan Tikus)

Netizenpos.com – Kehidupan sehari-hari manusia tak lepas dari perangkat teknologi, meski dalam kegiatan sederhana sekalipun kebutuhan teknologi masih tetap tinggi. Kita tahu mengenai perangkat robot yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Selama ini perangkat robot memang dibutuhkan terutama dalam kegiatan tertentu misalnya melayani urusan rumah tangga.

Di zaman modern seperti sekarang tentu peran sebuah robot sangat menguntungkan penggunanya, akan tetapi tahukan Anda bila terdapat beragam robot menarik yang diklaim menjadi paling keren didunia. Menarik jika kita melihat secara langsung seperti apa bentuknya, akan tetapi kita lihat dahulu seperti apa bentuk serta manfaatnya untuk kehidupan manusia.

RoboFly Catcher

Meski pada umumnya sebuah robot memiliki ukuran cukup besar, tetapi dari RoboFly Catcher memiliki ukuran cukup kecil seperti sebuah serangga. Manfaat dari robot ini cukup vital di dunia pertanian karena mampu mengendalikan ham mulai dari lalat, tikus dan lain-lain. Akan tetapi satu kekurangan dari RoboFly Catcher ini adalah konsumsi bahan bakarnya dimana memakai daging hewan atau bisa dari daging manusia. Jadi bisa dibayangkan sebuah robot akan terus hidup bila disekelilingnya masih terdapat daging.

NAO

Satu lagi robot bertema humanoid yang dirancang memakai sistem ARIA (Adaptive Robot Mediated Intervention Architecture) yang sudah memberi banyak inspirasi karena dari fungsinya memang cuku vital. Bagi para penyandang autis dan anak-anak bisa mengandalkan fungsi NAO yang mampu membantu semua aspek kehidupannya. Namun dari harga robot NAO ini terbilang mahal sehingga tidak semua orang bisa membelinya.

Animatronic

Jenis robot konsep yang menarik yakni Animatronic sangat cocok untuk peragaan busana atau bisa sebagai penari dengan membawakan sebuah lagu. Memang dari desainnya sangat mirip manusia, namun terdapat hal menakutkan dari robot satu ini yakni dari segi tampilan wajah yang terlihat menyeramkan.

ASIMO

Robot buatan Honda ini sudah menjadi viral di dunia teknologi karena desainnya sudah mirip seperti manusia karena memang dari jenisnya adalah humanoid. Robot dari Honda tersebut bisa meneliti cara gerak dari mamalia bahkan dari seorang pemanjat tebing sekalipun. Dari response robot juga cukup baik karena mampu menengok untuk mengidentifikasi keramaian bahkan bisa berbicara beberapa kata.

Titanonoa

Dari desain robot satu ini terlihat berbeda dari jenis lainnya karena Titanonoa memiliki bentuk seperti ular raksasa dengan panjang mencapai 50 kakli. Robot ular tersebit dibuat oleh EatArt dimana menjadi sebuah proyek seni independen yang bertujuan memberikan diskusi serta kampanye mengenai perubahan iklim yang terlalu esktrim.

T52 Enryu

Pernahkah Anda mendengar sebuah robot yang didesain secara khusus untuk membantu kegiatan bencana? Satu robot bernama T52 Enryu tersebut bisa digunakan untuk kepentingan darurat terutama saat terjadi bencana alam. Menariknya robot satu ini bisa memindahkan reruntuhan berat hingga menyelamatkan korban bencana. Pengendalian robot satu ini juga sangat mudah karena melalui jarak cukup jauh sehingga sangat efektif ketika terjadi bencana alam.

CB 2

Sebuah robot yang didesain seorang professor asal Jepang CB2 atau Child Robot With Biomimetic Body tersebut bisa meniru aktivitas manusia seperti merengek ataupun meminta perhatian seperti balita. Namun dari kefektifannya masih belum maksimal karena masih jarang orang tahu mengenai robot CB2.

Itulah beragam jenis robot beserta fungsinya dimana sangat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Meski saat ini teknologi robot masih belum merata tetapi dalam beberapa tahun ke depan pasti teknologi robot sudah bisa diakses oleh beragam kalangan.