SHARE

Sistem akuntansi di sebuah perusahaan memang sangat penting untuk memberikan validasi data keuangan secara real time. Seorang akuntan memang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan secara detail, akan tetapi jika memakai sebuah aplikasi akuntansi diharapkan beban kerja atau work load seorang akuntan bisa berkurang. Para pelaku usaha UKM ataupun pebisnis besar diharapkan memakai sistem akuntansi berbasis aplikasi karena memberikan kemudahan serta keakuratan data lebih baik.

Penggunaan software HRD dan akuntansi bagi perusahaan memang dibutuhkan seiring perkembangan teknologi yang sekarang semakin maju. Kebutuhan perusahaan juga kian hari semakin tinggi bahkan bisa melebihi batas maksimal. Maka dari itu dengan hadirnya software akuntansi bisa mempermudah kinerja seorang akuntan dalam mengelola keuangan.

Masih banyak pelaku usaha merasa kurang paham bagaimana cara menggunakan aplikasi akuntansi ketika perusahaan sudah berjalan. Maka dari itu pada saat implementasi awalnya rata-rata perusahaan mempersiapkan beberapa tahapan awal yang bisa mendukung sistem keuangan berbasis aplikasi berupa menentukan periode pembukuan, menetapkan saldo awal, memperbaiki data transaksi, membuat laporan, menentukan standar akuntansi, menyusun data perusahaan, dan merancang data master di aplikasi akuntansi.

Dibutuhkan waktu panjang untuk mempersiapkan perubahan di sebuah sistem akuntansi perusahaan. Apalagi setiap perusahaan juga harus membuat saldo awal sehingga mewajibkan akuntan untuk melihat satu per satu saldo awal akun tersebut. Beberapa cara bisa dilakukan terutama menutup buku dari akhir periode tahun berjalan ataupaun membat jurnal penyesuaian dan pembalik sehingga pada saat permulaan memakai aplikasi akuntansi bisa lebih mudah.

Beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk memberikan data input ke software akuntansi diantaranya:

Mempersiapkan Tenaga Manusia Terampil dan Handal

Tidak hanya dari sistemnya saja, pelaku usaha perlu memberikan personel atau tenaga kerja handal di bidangnya. Memahami bagaimana operasional sistem serta memahami pengetahuan dasar dari software akuntansi menjadi modal pertama untuk bisa menjalankan sistem keuangan yang lebih akurat.

Mempersiapkan Perangkat Hardware dan Software

Selain mempersiapkan tenaga kerja ahli, perlu juga mempersiapkan piranti hardware dan softwarenya untuk mendukung instalasi aplikasi akuntansi bahkan wajib membuat sebuah jaringan lebih baik. Pilihlah software dengan tampilan yang user friendly sehingga memudahkan Anda untuk melakukan input transaksi. Nantinya jika aplikasi yang Anda pilih memiliki tampilan atau fitur user friendly maka pengguna bisa mempelajarinya secara mudah dan cepat.

Lakukan Uji Coba

Sebelum digunakan alangkah baiknya Anda melakukan pelatihan dari program dasar software provider yang Anda gunakan. Dari hasil uji coba tersebut membuat pengguna mampu mengevaluasi bagaimana performa dari aplikasi tersebut ataukah ada bagian dari sistem yang perlu dikaji ulang atau diperbaiki.

Mengevaluasi Hasil

Pengguna aplikasi akuntansi bisa mengevaluasi hasil bagaimana sebuah aplikasi dilihat dari beragam aspek sehingga pada saat di implementasikan tidak mengalami kendala. Beberapa bagian seperti konsistensi prosedur, beberapa penambahan fitur, dan mengamati dari segi personel apakah sudah baik dalam menjalankan tugas atau tidak.

Memberikan pemahaman tentang aplikasi akuntansi memang wajib bagi perusahaan kepada tenaga ahli sehingga dalam penggunaannya tidak mengalami kendala. Tak hanya itu saja, penerapan sistem akuntansi berbasis online memang sudah lama berjalan apalagi sekarang sudah muncul beberapa fasilitas terbaik berupa aplikasi atau software akuntansi dan payroll untuk manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan perusahaan.

Lakukan persiapan secara matang sebelum memakai software akuntansi sehingga dari semua aspek bisa mendapatkan pemahaman lebih baik sebelum mempraktekkan sistem pengelolaan keuangan dan pajak secara real time. Jadi bukan satu kendala bagi perusahaan dalam mempersiapkan sistem keuangan lebih baik, namun wajib mengerti bagaimana kinerja atau sistem sebuah aplikasi yang berjalan secara real time.