SHARE
Keren, Digicoop Smartphone Karya Anak Bangsa Sudah Resmi Dirilis
Keren, Digicoop Smartphone Karya Anak Bangsa Sudah Resmi Dirilis (FOTO : Detekno)

Netizenpos.com – Ketika kita membahas seputar teknologi smartphone pastinya melihat dari spesifikasi dan harga serta merknya. Akan tetapi sebuah smartphone Android dari Indonesia yang menjadi karya anak bangsa dari Koperasi Digital Indonesia Mandiri atau KDIM sudah resmi dipasarkan. Menarik sebuah smartphone buatan anak bangsa berseri Digicoop mampu memberikan teknologi menarik dan rencananya dari peluncurannya akan ditetapkan pada 20 Januari 2016.

Dilansir dari Kompas Tekno, ponsel Digicoop karya anak bangsa tersebut menjadi smartphone Android pertama yang berhasil bersaing dengan ponsel berkelas dunia. Memang dari manfaat koperasi Indonesia berusaha untuk menciptakan sebuah teknologi mandiri yang memberikan manfaat  kepada penggunanya. Digicoop tersebut sudah dibekali spesifikasi menggiurkan bahkan mengusung beberapa aplikasi buatan lokal.

Pabrik V.S Technology yang berada di Bekasi, Jawa Barat sudah menjadi satu produsen lokal terbaik dan siap bersaing dengan brand lainnya. Mengenai spesifikasi dari Digicoop telah hadir mengusung ukuran layar 5.7inchi sehingga terbilang lebih lebar dan nyaman saat menonton video ataupun bermain game. Akan tetapi sampai sekarang masih belum diketahui resolusi dari layarnya beserta ada tidaknya fitur proteksi layar.

Dari bagian dapur pacunya sudah mendapat bocoran mengenai processornya yang memiliki kecepatan quad core 1.5Ghz dengan tambahan RAM 1 GB. Dari spesifikasi RAM sudah cukup membantu untuk menjalankan banyak aplikasi termasuk game berspesifikasi tinggi. Nantinya pengguna bisa memanfaatkan fasilitas kamera beresolusi 5MP dan 2MP sehingga sangat baik untuk mendapatkan foto terbaik ataupun foto selfie.

Tidak hanya dari sektor kamera saja, ternyata Digicoop dibekali sistem operasi Android Marshmallow yang mampu mendukung setiap aktivitas penggunanya. Anda juga bisa menyimpan beragam file di memori internal berkapasitas 8GB serta sudah didukung jaringan 4G LTE dengan dual SIM sehingga sangat nyaman dipakai browsing internet.

Akan tetapi kelemahan dari smartphone lokal ini terletak pada baterainya yang berkapasitas 1800mAh sehingga belum cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas pengguna seperti bermain game ataupun akses internet berdurasi lama. Pengguna Digicoop disarankan membekali diri dengan perangkat powerbank yang bisa mendukung ponsel agar tetap mengisi daya saat baterai habis.

Anda juga bisa mendapatkan beragam promo menarik dari KDIM mulai dari membeli ponsel Digicoop dengan harga murah, akan tetapi harus mengajukan syarat iuran pokok mencapai 100 ribu perbulan atau 1,2 juta pertahun. Namun perlu diingat bahwa iuran 1,2 juta pertahun tersebut bukan biaya cicilan dari Digicoop melainkan biaya iuran anggota.

Maka dari itu Anda akan menjadi anggota dari KDIM serta mendapatkan smartphone Digicoop gratis bahkan mendapatkan banyak manfaat dari koperasi KDIM tersebut. Beberapa keuntungan seperti bagi hasil ataupun layanan iklan akan diberikan kepada anggota sehingga sangat menguntungkan jika menjadi member dalam jangka panjang. Namun sampai saat ini pihak KDIM masih belum tahu kapan waktu rilis Digicoop akan dirilis di pasaran secara bebas.

Jika smartphone lokal Digicoop tersebut jadi dirilis di pasaran secara bebas maka prediksinya akan lebih menarik karena harus bersaing dengan brand smartphone lainnya yang mengusung banyak keunggulan dari desain sampai spesifikasinya.