SHARE

Netizenpos.com – Kita semua tahu bahwa rambut menjadi mahkota menarik yang memberikan tampilan lebih baik ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, dalam perawatannya membutuhkan waktu dan biaya cukup besar terutama bagi wanita. Segala macam desain rambut bisa memberi manfaat pada tampilan busana sehingga harus ditata secara maksimal.

Beberapa masalah pada rambut salah satunya terasa lambat pertumbuhannya bahkan terkesan rontok bisa terjadi akibat faktor hormone ataupun stress. Maka dari itu jika Anda mengalami hal yang sama bisa mencari tahu apa saja penyebabnya kemudian bagaimana cara mengatasinya.

Dilansir dari Boldsky ada beberapa faktor utama yang membuat pertumbuhan rambut terhambat, berikut ulasannya.

Rasa Stres

Banyak orang mengalami trauma secara emosional serta fisik dimana menjadi satu faktor paling berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Kondisi mental kurang baik seperti stress akan memicu masalah pada rambut seperti rambut rontok. Kondisi rambut saat stress akan semakin sulit tumbuh karena dari semua folikel rambut akan mengecil sehingga membuat rambut rontok dengan cepat.

Perawatan Kimia

Rata-rata penggunaa bahan kimia pada rambut akan memberi efek buruk terutama dalam pertumbuhan rambut. Salah satu kegiatan seperti belaching, mengeriting, ataupun styling rambut akan mengurangi kualitas helaian rambut secara maksimal bahkan merusak rambut secara permanen. Perawatan kimia juga bisa memberi efek buruk seperti menghancurkan folikel rambut yang mengakibatkan rambut sulit tumbuh.

Mengalami Malnutrisi

Keadaan rambut yang kurang nutrisi juga memberi efek buruk seperti rontok ataupun bercabang. Beberapa penyebab dari kurangnya nutrisi rambut bisa dimulai ketika seseorang menjalani diet tidak seimbang. Kondisi folikel rambut akan sulit tumbuh sehingga akan mengalami proses pelambatan dalam pertumbuhannya. Untuk mencegah perlambatan dari rambut sebaiknya konsumsi makanan seimbang mulai dari mendapat asupan vitamin, protein, serta menjaga elemen penting untuk bisa mengembalikan fungsi rambut dengan maksimal.

Kondisi Medis

Tidak hanya dari perawatan kimia saja, pada beberapa kasus dimana seseorang menderita penyakis diabeters, kolesterol tinggi, serta hipertensi akan membuat kulit kepala dan rambut kekuarangan nutrisi. Penipisan rambut memang sering terjadi pada penderita diabetes sehingga harus tetap mejaga pola makan dan olahraga untuk bisa mengembalikan kesehatan rambut.

Kurang Tidur

Secara tidak sadar aktivitas tidur memberikan efek langsung pada kesehatan rambut. Kondisi rambut akan semakin baik bila Anda tercukupi waktu tidur kurang lebih 7-8 jam sehari. Pada saat otak dan tubuh beristirahat maka sel di dalam tubuh akan meregenerasi sehingga sangat baik bila Anda mencukup waktu tidur selama 7-8 jam sehari.

Perubahan Hormon

Satu penyebab yang sering dialami ketika rambut sulit tumbuh adalah perubahan hormon baik bagi pria maupun wanita. Pada saat masa kehamilan dan menopause seringkali seorang wanita mengalami masalah pada rambut. Jadi membutuhkan langkah tepat untuk bisa mengatisipasinya.

Sampai saat ini kasus dari lambatnya pertumbuhan rambut bisa terjadi pada usia berapa saja bahkan dari usia muda sekalipun. Jadi perlu diingat bahwa kesehatan rambut bisa dipengaruhi oleh asupan nutrisi serta pola hidup yang selama ini dijalankan. Ada kalanya Anda berkonsultasi ke ahli untuk bisa mendapatkan penanganan lebih baik dan aman.