SHARE
Gejala Ankylosing Spondylitis Yang Wajib Anda Ketahui
Gejala Ankylosing Spondylitis Yang Wajib Anda Ketahui (FOTO : Sindonews)

Netizenpos.com – Berbagai macam penyakit di zaman modern sekarang ini sudah sangat berkembang dimana memiliki beragam efek samping bagi tubuh. Tentu bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di dalam maupun luar ruangan harus memperhatikan asupa nutrisi agar bisa terhindar dari berbagai penyakit. Ada satu jenis penyakit yang mungkin masih asing di telinga Anda yakni Ankylosing Spondylitis atau sering disebut rematik sistematik dimana menyerang bagian tulang belakang serta sendi-sendi tulang lainnya.

Ternyata penyakit rematik sistematik tersebut terbilang langka karena hanya menyerang 0.1 – 0.5% dari semua populasi orang dewasa. Tentu ada ciri-ciri khusus dari penyakit rematik tersebut mulai dari kondisi tubuh yang kaku seperti sebuah kayu. Satu kasus dari Ankylosing Spondylitis terdapat di Sragen yakni Sulami dimana sudah dari usia 10 tahun hingga 35 tahun mengidap rematik sistematik tersebut.

Menarik untuk membahas tentang penyakit langka satu ini, dan Anda perlu mewaspadainya bila terdapat beberapa gejala berikut ini.

Fusi Tulang

Penyakit rematik sistematik tersebut akan memberi pertumbuhan yang berlebih pada bagian tulang sehingga memberi sebuah kelainan seperti penyatuan tulang. Dari konsisi tersebut akan memberi efek buruk pada bagian tulang leher, pinggul, leher, hingga membuat aktivitas penderita semakin terbatas. Tidak hanya itu, fusi tulang juga terjadi di bagian punggung ataupun dada sehingga mengganggu jalannya pernapasan penderita.

Rasa Nyeri Hingga Kaku

Satu gejala paling mudah dirasakan adalah rasa nyeri konstan disertai kekakuan pada bagian punggung bawah, pinggul, dan pantat dalam durasi 3 bulan. Penyakit tersebut akan menjalar ke bagian sacroiliac sendi terutama bagian sacrum atau paling rendah dari tulang belakang yang nantinya akan bergabung bersama tulang ilium panggul di daerah punggung bawah.

Peradangan Mata

Rematik sistematik ini juga memberi gejala yang mudah ditengarai pada usia dewasa dimana bagian mata mengalami peradangan berupa mata merah hingga rasa nyeri. Bahkan dari peradangan mata tersebut membuat pandangan semakin kabur hingga sulit melihat.

Nyeri di Bagian Tendon dan Ligamen

Perlu diwaspadai jika bagian ligament ataupun tendon di tulang mengalami rasa sakit serta kaku hingga bagian bawah tumit. Rata-rata dari gejala Ankylosing akan mengalami nyeri di bagian belakang pergelangan kaki.

Demam, Hilangnya Nafsu Makan, Sampai Mudah Lelah

Jika dalam waktu cukup lama penderita tidak mendapatkan penanganan serius maka beberapa bagian mudah dirasakan seperti hilangnya nafsu makan, demam, hingga mudah lelah. Tidak heran bila kondisi berat badan penderita rematik sistematik cenderung kurus karena hilangnya nafsu makan. Penurunan efektivitas gerak juga menjadi pertanda seseorang mengalami masalah pada bagian tulang.

Itulah gejala penting dari Ankylosing Spondylitis yang wajib Anda ketahui. Hingga sekarang penyakit ini tergolong mematikan dan masih sulit ditangani. Penanganan sejak dini menjadi satu cara paling tepat untuk meminimalisir dampak ke berbagai bagian tubuh. Semoga informasi di atas bisa memberi manfaat bagi Anda.