SHARE
Tips Jitu Pilih Laptop Khusus Progammer
Tips Jitu Pilih Laptop Khusus Progammer (FOTO : Jalan Tikus)

Netizenpos.com – Menentukan sebuah produk laptop yang digunakan khusus untuk para programmer memang tidak mudah. Banyak orang yang menjalani bidang IT membutuhkan sebuah laptop dengan spesifikasi khusus sehingga lebih mudah untuk menjalankan beragam aktivitas berat.

Seperti kita tahu bahwa pekerjaan seorang programmer tidaklah mudah bahkan membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan sebuah program terbaik. Bila Anda ingin menentukan sebuah laptop terbaik yang secara khusus ditujukan untuk para programmer berikut kami beri beberapa tips jitunya.

Pilih Kapasitas RAM Besar

Tidak cukup dengan kapasitas RAM 2 atau 4GB saja, namun Anda harus memilih sebuah laptop dengan bela RAM mencapai 8GB atau lebih. Memang dari seorang programmer membutuhkan perangkat super canggih karena bidangnya berkutat pada virtual machine. Maka dari itu dari kegiatan virtual machine tersebut akan membuat RAM semakin boros sehingga minimal harus memilih seri laptop berkapasitas RAM 8GB atau lebih.

Gunakan Fitur SSD

Bagi para programmer tentu sudah paham mengenai fitur SSD yang memberikan ruang memori lebih leluasa. Seorang programmer tidak membutuhkan ruang penyimpan yang terlalu besar justru dari SSD tersebut terbilang lebih fleksibel dan memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan sebuah hardisk.

Gunakan HDD Opsional

Dari satu pilihan menarik dimana fitur CD/DVD bisa diganti ke HDD sehingga konten 3D bisa berjalan secara sempurna. Sekarang fitur CD/DVD sudah sangat jarang digunakan sehingga menjadi pilihan tepat bila Anda mengganti ke opsi HDD sehingga dari kapasitas penyimpanan bisa lebih luas.

Usahakan Keyboard Terasa Nyaman

Satu bagian penting yang mampu menunjang kebutuhan programmer adalah keyboard dimana tesktur serta gaya keyboard harus bisa mendukung setiap aktivitas programmer sehingga kenyamanan dalam mengetik menjadi hal vital bagi programmer.

Pilih Processor Tinggi

Tidak hanya dari bagian keyboard saja, pada laptop khusus untuk Programmer harus mengusung processor tinggi minimal Intel Core i3. Dari processor dibawah Core i3 akan terasa lebih lambat sehingga butuh processor berkecepatan tinggi seperti Core i5, i7 dan i7v Pro. Kemampuan processor yang lebih tinggi akan mempercepat kinerja programmer sehingga harus tepat dalam menentukan laptop.

Jangan Memperhitungkan Kartu Grafis

Menariknya bagi programmer harus mengerti penting atau tidaknya sebuah kartu grafis. Akan tetapi bila Anda seorang programmer konten 3D harus memilih kartu grafis berkapasitas tinggi serta dibuat khusus untuk kepentingan grafis. Jadi tergantung dari pekerjaan Anda apakah butuh kartu grafis yang berpsesifikasi tinggi atau tidak.

Pilih Case Terbuat Dari Metal

Tentu saja seorang programmer membutuhkan jam kerja cukup tinggi maka dari itu bahan bodi laptop harus terbuat dari metal dimana memiliki ketahanan produk cukup tinggi serta mampu memsirkulasi panas laptop menjadi lebih lancar.

Pilih Resolusi Monitor Tinggi

Penting untuk memilih monitor beresolusi tinggi karena dalam skala digital ataupun resolusi tinggi akan membuat seorang programmer semakin nyaman dalam melihat kode-kode berukuran kecil. Semakin tinggi resolusi layar maka akan semakin mudah dalam melihat kode atau tanda baca berukuran kecil.

Pilih Merk Terkenal

Satu lagi yang paling penting dalam memilih laptop khusus programmer adalah memilih dari brand terkenal seperti Asus, Acer, Apple, Lenovo, dan lain-lain. Sekarang Anda lebih mudah memilih produk laptop karena banyaknya brand ternama yang mampu memberi spesifikasi laptop terbaik.

Itulah beragam tips jitu untuk menentukan jenis laptop bagi para programmer, jadi jangan sembarangan dalam menentukan laptop usahakan seusai kebutuhan Anda.