SHARE
Kuliner Populer di Wonosobo yang Paling Dicari
Kuliner Populer di Wonosobo yang Paling Dicari (FOTO : duniawisata)

Netizenpos.com – Beragam kuliner nusantara hingga saat ini masih banyak diminati karena memiliki cita rasa tinggi bahkan diakui oleh dunia sebagai makanan favorit. Salah satu daerah menarik di Indonesia yakni Wonosobo hingga sekarang banyak dikunjungi karena mempunyai berbagai macam tempat wisata yang unik ditambah lagi cita rasa kulinernya yang sangat menggugah selera.

Makanan khas dari Wonosobo sudah sangat terkenal bahkan bisa dibeli di daerah lainnya. Bagi Anda yang sering mengunjungi ataupun sedang berencana mengunjungi Wonosobo berikut ini beberapa makanan khas dengan cita rasanya.

Mie Ongklok

Bagi penggemar kuliner berbahan khas mie harus mencoba satu kuliner bernama Mie Ongklok. Dari kuliner Mie Ongklok tersebut sudah terdengar hingga ke luar daerah Wonosobo sehingga setiap wisatawan wajib mencicipi kelezatan Mie Ongklok tersebut. Bahan kuliner khas Wonosobo tersebut terdiri dari mie, kol, daun kucai, kuah kacang kental, serta kubis. Rata-rata setiap porsi Mie Ongklok dihidangkan bersama sate kambing ataupun tempe kemul sehingga dari segi rasa sudah pasti lezat.

Untuk menemukan Mie Ongklok tersebut tidak terlalu sulit karena pada saat musim liburan banyak lokasi menyediakan menu Mie Ongklok tersebut. Tidak hanya dari hidangan Mie Ongklok saja, tempe kemul serta sate juga bisa dinikmati saat cuaca dingin.

Carica

Satu makanan khas lainnya yang bisa jadi buah tangan adalah Carica. Banyak orang menyukai Carica tersebut karena berisi buah segar dengan rasa manis keasaman. Carica dengan bahan dasar buah papaya menjadi satu keunggulan yang tidak ada di daerah lainnya, maka dari itu banyak wisatawan mencari Carica untuk dijadikan buah tangan. Kesegaran buah papaya berbentuk manisan bisa membuat suasana hati menjadi lebih nyaman, jadi jangan lupa jika berkunjung ke Wonosobo belilah Carica sebagai buah tangan.

Purwaceng

Salah satu tanaman populer di Wonosobo yakni Purwaceng sangat digemari karena bisa digunakan sebagai tanaman obat. Bagi masyarakat Wonosobo, tanaman Purwaceng tersebut sering diolah sebagai obat untuk menyembuhkan beragam penyakit seperti penyakit otot, saraf, masuk anganginaelancarkan buang air kecil, serta mengatasi pegal linu. Bahkan bagi kaum pria, purwaceng sering digunakan obat kuat sehingga sampai saat ini masih banyak dicari.

Sagon

Satu lagi menu makanan khas Wonosobo yang patut dicoba adalah Sagon. Makanan tradisional Sagon banyak diminati karena terbuat dari bahan bermutu mulai dari tepung sagu, perutan kelapa, serta tambahan gula yang diproses secara panggangan. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan Sagon adalah pasar induk Wonosobo dimana banyak pedagang menjajakan Sagon dengan harga cukup murah.

Tempe Kemul

Menu makanan tempe kemul sudah jadi ciri khas kota Wonosobo dimana memiliki tekstur berbeda dari tempe lainnya. Ciri khas dari tempe kemu adalah disajikan bersama taburan kucai dengan tambahan cabai merah atau ulegan cabai sehingga dari segi rasa sudah sangat teruji nikmatnya.

Opak Singkong

Opak telah menjadi satu makanan favorit di Wonosobo dimana mempunyai rasa menarik karena dalam penyajiannya ditambah tabran kucai. Terdapat beberapa lokasi di Wonosobo yakni Krakal dan Kalibeber yang menyediakan Opak Singkong.

Beragam makanan khas dari Wonosobo di atas memang mempunyai cita rasa unik ditambah lagi dari segi harga juga tidak terlalu tinggi. Nikmati semua makanan khas dari Wonosobo dan jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh makanan favorit yang memiliki cita rasa tinggi tersebut.