SHARE
Cara Mudah Stabilkan Performa Komputer Berspesifikasi Rendah
Cara Mudah Stabilkan Performa Komputer Berspesifikasi Rendah (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Setiap komputer mempunyai spesifikasi menarik untuk beragam kebutuhan seperti bermain game ataupun mengolah dokumen sampai editing video. Sampai sekarang teknologi komputer terus berkembang hingga mampu menjalankan berbagai aplikasi ataupun program berkapasitas besar, dan dibanderol dengan harga tinggi. Akan tetapi masih saja orang memakai komputer berspesifikasi rendah karena enggan mengganti baru.

Tentu rasa was-was bagi pengguna komputer jadul sering muncul karena dari program atau aplikasi saat ini rata-rata dijalankan untuk komputer berspesifikasi cukup tinggi. Namun, jangan salah karena performa dari komputer jadul bisa tetap stabil karena diberi berbagai tambahan. Jika Anda sampai sekarang menggunakan komputer berspesifikasi rendah perlu menambah beberapa perawatan berikut ini.

Melakukan Perawatan Hardware Berkala

Tips pertama adalah melakukan perawatan setidaknya 1 tahun sekali mulai dari membongkar semua sampai membersihkan debu di semua bagian. Tidak hanya itu, gantilah thermal pasta serta bersihkan board bersama kontak cleanser serta cek semua fungsi dari kabel di dalam PC. Pastikan semua kondisi baut dalam keadaan baik sambil merakit ulang.

Upgrade lah RAM

Kapasitas RAM menjadi satu modal utama dalam menajalankan beragam aplikasi ataupun program. Maka dari itu perhatikan kondisi RAM dengan kecepatan lebih tinggi miniman ke kapasitas 8GB. Tidak hanya dari sistem operasi dari aplikasi atau software juga lebih memakan RAM besar jadi tidak ada salahnya anda mengupgrade RAM.

Format atau Instal Ulang OS

Sistem operasi dari sebuah komputer perlu dilakukan install ulang karena dalam waktu tertentu bisa mengalami kerusakan. Beberapa faktor kerusakan bisa dari serangan virus ataupun konfigurasi penggunanya. Kerusakaan OS tersebut membuat kinerja dari komputer melambat ataupun tidak stabil. Jadi Anda perlu melakukan format secara penuh di bagian hardisk.

Hindari Serangan Virus

Banyak virus tersebar di dunia maya, maka dari itu sampai sekarang bagi pengguna komputer ataupun laptop disarankan memasang antivirus mulai dari Ansav, Smadav, Windows Defender, ataupun antivirus lainnya yang memiliki spesifikasi lebih ringan. Serangan virus akan membuat kondisi komputer menjadi lambat, jadi sebisa mungkin hindari.

Gunakan Software Pendukung

Satu cara yang paling mudah untuk menjaga performa komputer jadul adalah memasang software pendukung seperti CCleaner. Dari cara ampuh memakai CC Cleaner bisa memaksimalkan kinerja sistem komputer Anda. Pilih saja software pendukung yang sesuai spesifikasi komputer Anda.

Installah Software Penting Saja

Cara berikutnya adalah menginstall software penting dengan kapasitas sedang atau secukupnya. Ingatlah bahwa spesifikasi dari komputer Anda tidak terlalu tinggi, jadi tidak perlu membawa menginstall yang aneh-aneh.

Pindah Ke SSD

Jenis hardisk saat ini sangat beragam sehingga harus mengalami perubahan dari jenis harddisk ke SSD. Berbagai pengujian membuktikan bahwa SSD jauh lebih cepat hingga 10 kali lipat dibandingkan hardisk. Jadi dengan mengganti ke SSD akan menyelesaikan beragam masalah bahkan menghindari kerusakan hardisk.

Pasang OS Berspesifikasi Ringan

Pemilihan sistem operasi juga sangat penting karena performa dari OS bisa membuat komputer Anda semakin melambat ataupun sebaliknya. Untuk spesifikasi OS yang rendah bisa memilih Windows 7, Windows XP, ataupun lainnya sesuai kapasitas komputer Anda.

Itulah cara mudah untuk stabilkan performa komputer jadul Anda agar bisa menjalankan berbagai macam software. Memang kebutuhan akan komputer saat ini semakin tinggi, jadi bila sudah terlalu jadul alangkah baiknya updrage ke spesifikasi lebih tinggi atau beli baru.