SHARE
Aplikasi Terbaik Untuk Mengecek Hardware Smartphone
Aplikasi Terbaik Untuk Mengecek Hardware SmartphoneAplikasi Terbaik Untuk Mengecek Hardware Smartphone

Netizenpos.com – Membeli sebuah smartphone kini jadi satu kebutuhan banyak orang sehingga harus menentukan merk sesuai budget ataupun kebutuhan. Terkadang banyak orang tidak mampu membeli smartphone baru sehingga mereka membeli produk bekasnya. Maka dari itu sebelum membeli produk ponsel bekas sebaiknya perhatikan berbagai macam spesifikasi hardware serta softwarenya.

Sampai sekarang banyak orang mengeluhkan bagaimana cara mengecek hardware smartphone bekas dengan cepat dan mudah. Mungkin Anda juga pernah mengalami masalah yang sama, maka dari itu kali ini kita bahan bagaimana cara mengecek kapasitas dari hardware smartphone.

Sebenarnya untuk mengecek kapasitas hardware smartphone tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan beberapa aplikasi khusus bahkan sudah banyak dipilih untuk mengecek kualitas hardware sebuah smartphone.

Phone Tester

Satu aplikasi ini akan membantu Anda untuk menganalisa serta menguji kemampuan hardware serta komponan pada smartphone. Nantinya Phone Tester akan memastikan apakah semua bagian di dalam smartphone berjalan dengan baik atau tidak. Uniknya dari aplikasi Phone Tester tersebut tidak memerlukan banyak ruang hardisk atau memori sehingga sangat mudah diaplikasikan.

AnTuTu Tester

Dari aplikasi lainnya yakni AnTuTu Tester mampu mengetes kemampuan hardware smartphone Anda. Banyak orang merekomendasikan AnTuTu Tester untuk mengecek kemampuan hardware karena dari fiturnya sangat lengkap mulai dari menguji daya tahan baterai sampai membandingkan skor dengan smartphone lainnya. Tidak hanya dari bagian baterai saja, Anda juga bisa melakukan tes pada bagian layar dengan merasakan sentuhan maksimal serta memberi pixels serta warna lebih beragam.

Phone Doctor Plus

Menariknya masih ada satu aplikasi lainnya yang dipakai untuk mengecek kemampuan hardware sebuah smartphone baru maupun bekas. Dari Phone Doctor Plus, terdapat 30 tipe uji coba mulai dari bagian Bluetooth, GPS, koneksi internet, microphone, CPU, GPU, earphone, speaker dan lain-lain. Dari segu user interfacenya juga sangat baik bahkan bisa digunakan untuk sistem operasi Android dan iOS.

Sensor Box

Anda bisa menguji kemampuan hardware smartphone memakai Sensor Box yang memang bertujuan menguji sensor secara spesifik. Aplikasi uji coba satu ini memang layak digunakan karena memberi tes lebih menarik pada fitur sensor. Beberapa jenis sensor yang akan dilakukan uji coba adalah sensor cahaya, giroskop, suhu, medan magnet, intensitas suara, tekanan, jarak, serta akselerometer.

Geekbench 4

Masih terdapat aplikasi pengecek hardware smartphone yakni Geekbench 4 yang sudah populer mampu mengecek berbagai bagian mulai dari CPU, subsistem memori, sampai chacer. Tidak hanya itu saja, dari Geekbench 4 masih mampu mengetes performa sebuah GPU sehingga Anda bisa merasa yakin dari kemampuan pengolah grafisnya.

Z-Device Test

Salah satu aplikasi wajib untuk memberi tes pada perangkat hardware smartphone adalah Z-Device Test dimana aplikasi tersebut bisa memberi informasi secara akurat dan lengkap dari beberapa tes yakni layar, koneksi, serta sensor.

AIDA64

Aplikasi terakhir yang bisa memberi tes pada sebuah smartphone adalah AIDA64 yang mampu memberi konfigurasi hardware serta software pada smartphone Anda. Dari aplikasi AIDA64 tersebut masih mampu memberi informasi mengenai spesifikasi teknis lebih lengkap bahkan dari user interfacenya terlihat lebih friendly.

Itulah beragam aplikasi yang bisa Anda install untuk mengecek secara lengkap mengenai kemampuan hardware sebuah smartphone. Jangan ragu untuk melakukan tes uji coba pada perangkat smartphone bekas agar Anda tidak tertipu dari informasi penjualnya.