SHARE
Tidak Hanya IQ Saja, Ternyata Ada Jenis Kecerdasan Yang Dimiliki Manusia
Tidak Hanya IQ Saja, Ternyata Ada Jenis Kecerdasan Yang Dimiliki Manusia (FOTO : Jalan Tikus)

Netizenpos.com – Individu dari satu manusia pasti diberi karunia kecerdasan yang berbeda dengan manusia lainnya. Rata-rata kecerdasan seseorang diukur dari tes IQ yang memberi nilai berupa angka dalam berbagai bidang. Dalam tes IQ dikatakan bahwa seseorang dengan nilai tinggi menandakan dirinya mempunyai kecerdasan tinggi, namun tahukah Anda bila tidak hanya tes IQ saja, namun ada beberapa jenis cara untuk menentukan seseorang jenius atau tidak.

Dilansir dari Developmental Psychologist, Howard Gardner ternyata ada 9 jenis kecerdasan yang bisa menentukan seseorang lebih pintar dalam beberapa bidang tertentu. Lalu apakah 9 jenis kecerdasan ada dalam diri Anda?

Naturalist Intelligence

Kecerdasan dalam menikmati dan memahami alam atau biasa disebuat Naturalist Intelligence ternyata banyak dimiliki orang disekitar kita. Dari sifat Naturalist Intelligence tersebut maka seseorang akan mencintai lingkungan serta bisa dengan mudah mengenali sifat binatang dan cenderung menyukai kegiatan di alam. Karakteristik kecerdasan satu ini memang mampu beradaptasi dengan mudah atau lebih cenderung otodidak. Rata-rata profesi yang bisa digeluti adalah nelayan, petani, pemandu wisata, bahkan pemburu.

Logical Mathematical Intelligence

Dari kategori kecerdasan satu ini mampu mengaktegori serta klarifikasi bahkan berpikir dalam pola sebab akibat. Memang masih cukup langka dalam memiliki kecerdasan Logical Mathematical Intelligence ini karena sifatnya bisa sangat sempurna bahkan mampu menanggapi setiap masalah secara cepat. Nantinya setiap pekerjaan bisa diselesaikan secara sistematis dan berurutan. Rata-rata profesi dari kecerdasan satu ini berkutat pada akuntan, ilmuwan, ataupun programmer.

Musical Intelligence

Tentu saja salah satu kecerdasan lainnya yang banyak dimiliki adalah musical intelligence yang mampu menonjolkan kecerdasan musical. Seseorang yang mempunyai kecerdasan di bidang musik rata-rata mampu membuat lagu dengan mudah, sehingga tidak heran bila profesinya berkutat pada bidang musik seperti pecipta lagu ataupun penyanyi.

Interpersonal Intelligence

Kecerdasan interpersonal sering dikaitkan pada pengendalian emosi. Seseorang yang memiliki interpersonal intelligence sebenarnya mampu memahami watak, sifat, karekter dan tempramen orang lain dengan mudah. Maka dari itu rata-rata kemampuan di bidang emosional sering dicurahkan pada profesi gurum fasilitator, ataupun komunikator.

Existential Intelligence

Dalam hidup seseorang pastinya memiliki hakekat mengenai kecerdasan eksistensial. Rata-rata seseorang yang memiliki kecerdasan eksistensial akan lebih ahli dalam menjawab persoalan dari keberadaan manusia.

Bodily Kinesthetic Intelligence

Bagi Anda yang menyukai bidang olahraga bisa jadi Anda masuk dalam kategori Bodily Kinesthetic Intelligence. Dari kecerdasan satu ini mampu menyajikan kemampuan tubuh lebih cepat ditambah gagasan dan perasaan yang menyatu pada tubuh. Profesi yang cocok untuk kecerdasan satu ini adalah atltet, ahli bedah, penari, sampai pengrajin.

Linguistic Intelligence

Pastinya Anda sudah mengerti tentang Linguistic Intelligence yang berkutat pada bahasa tulisan lebih baik. Seseorang dengan Linguistic Intelligence mampu menyajikan aktivitas membaca, menulis, sampai bercerita dengan lebih baik sehingga rata-rata profesinya berkutat pada jurnalis, dramawan, editor, sampai sastrawan.

Spatial Intelligence

Salah satu kecerdasan yang bisa dimiliki manusia adalah Spatial Intelligence dimana memiliki kepekaan terhadap detail visual, garis, warna, hingga keseimbangan ruang dengan baik. Memang dari kecerdasan visual seseorang bisa lebih menonjol sehingga dari segi profesi bisa berupa seorang fotografer, pilot, ataupun arsitek.

Intra Personal Intelligence

Tidak heran bila dari jenis kecerdasan Intra Personal Intelligence satu ini mampu memberi kontak kepada orang lain dengan mudah. Rata-rata dari profesinya berkecimpung pada guru, dosen, degotiator, hingga fisuf.

Itulah daftar kecerdasan seseorang selain IQ, semoga Anda termasuk dalam salah satu kategori di atas.