SHARE
Keuntungan Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh (FOTO : Sindo

Netizenpos.com – Aktivitas sehari-hari pasti membuat kondisi tubuh tidak segar apalagi untuk aktivitas di luar ruangan bisa membuat tubuh terasa gerah. Mandi, menjadi satu kebutuhan tubuh dimana berfungsi menghilangkan semua kotoran di kulit serta memberi rasa segar. Rata-rata seseorang membersihkan badannya hingga 2-3 kali sehari, namun itu tergantung dari aktivitas karena bisa jadi seseorang mandi lebih dari 3 kali sehari.

Jenis air yang dipakai untuk mandi terkadang juga melihat kondisi suhu udara, bila kondisi sedang dingin maka cenderung memakai air hangat, begitu juga sebaliknya pada saat cuaca panas banyak orang mandi memakai air dingin. Tanpa disadari ternyata mandi memakai air dingin memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping penggunaan sabunnya, air juga berperan penting untuk tubuh kita.

Mungkin selama ini Anda belum terlalu menyadari bahwa mandi memakai air dingin bisa memberi manfaat lebih kepada tubuh kita, maka dari itu kita lihat apa saja manfaatnya dilansir dari Blodsky.
Memperbaiki Kekebalan Tubuh

Membersihkan tubuh memakai air dingin banyak dilakukan dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu dari zaman dahulu orang sering memanfaatkan air dingin karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi bila Anda tak ingin sakit dengan mudah bisa mandi memakai air dingin.

Meningkatkan Kewaspadaan

Mungkin Anda tidak terlalu sadar bahwa mandi memakai air dingin ternyata mampu meningkatkan kewaspadaan. Aktivitas mandi air dingin di pagi hari bisa membuat Anda lebih siaga dalam menjalani tantangan terutama untuk hal pekerjaan.

Mencegah Flu

Satu lagi manfaat dari mandi air dingin adalah mencegah terkena penyakit flu. Banyak orang merasa lebih segar setelah mandi memakai air dingin, dan para pakar kesehatan juga memberi pendapat sama yakni secara rutin mandi air dingin bisa mencegah terjadinya flu karena dari sistem kekebalan tubuh terus meningkat. Jadi jangan takut lagi mandi pakai air dingin.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Secara tidak sadar, mandi memakai air dingin secara rutin bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Bahkan dari proses metabolisme bisa lebih cepat dibandingkan biasanya, maka tak heran bila banyak orang memakai air dingin untuk membersihkan diri terutama pada saat siang atau sore hari.

Mencegah Kebotakan

Dari manfaat satu ini pasti sangat menarik untuk para laki-laki karena dari kebiasaan mandi air dingin ternyata bisa mencegah kerontokan rambut. Memang dari gangguan rambut rontok sering memberi rasa kurang percaya diri, maka dari itu mandilah memakai air dingin untuk mencegah kerontokan. Selain membuat rambut tetap sehat dan kuat, mandi memakai air dingin juga menjadikan kulit kepala tetap sehat.

Sudah terbukti secara jelas mengenai manfaat dari mandi air dingin, banyak orang memanfaatkan air dingin untuk terapi kesehatan. Namun, untuk kalangan anak mungkin memerlukan pengecualian di saat cuaca dingin tidak harus menggunakan air dingin karena kondisi metabolismenya masih belum stabil.