SHARE
Sering Pakai Instagram Live? Ternyata Ada Dampak Buruknya
Sering Pakai Instagram Live? Ternyata Ada Dampak Buruknya (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com –Aplikasi media sosial kini banyak dimanfaatkan untuk mepublish beragam aktivitas melalui foto ataupun video. Mungkin Anda pernah menggunakan fitur live streaming dari BIGO yang saat ini mulai digemari, ternyata banyak aplikasi lainnya juga menyediakan fitur sama salah satunya Instagram yang mampu menghadirkan live streaming.

Fitur live streaming pada Instagram sebenarnya terkesan baru dan sekarang banyak orang ketagihan dengan fitur tersebut. Akan tetapi bagi Anda yang suka memakai fitur tersebut perlu waspada karena ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan.

Sama seperti fitur live streaming pada aplikasi lainnya, di Instagram bisa memberi banyak manfaat serta beberapa bahaya diantaranya:

Ruang Privasi Semakin Kecil

Untuk informasi pengguna Instagram harap berhati-hati jika ingin memakai live streaming karena saat ini ruang privasi seseorang bisa semakin sempit. Bayangkan saja sekarang sudah banyak pengguna akun Instagram bahkan bisa tembus 22 juta. Setiap aktivitas Anda bisa diketahui dengan mudah oleh orang lain sehingga ruang privasi bisa lebih sempit. Alih-alih memposting, malah Anda akan berpikir berkali-kali sebelum memulai live streaming.

Informasi Cepat Menyebar

Tidak hanya dari ruang privasi semakin sempit, namun berbagai macam informasi juga semakin bebas tersebar tanpa mengindahkan aturan. Ingatlah bahwa Instagram Live tidak memakai proses editing sehingga dari video yang mentah langsung tersebar secara luas. Meski dari video Instagram Live tidak bisa disimpan, akan tetapi kita tidak pernah tahu kedepannya seperti apa. Banyak prediksi bahwa dari video Instagram Live akan mudah disimpan dari Instagram story.

Dianggap Kurang Waras

Dari bahaya satu ini terbilang keras karena banyak orang mengaggap kegiatan live streaming seperti orang gila karena memperlihatkan tingkah laku seseorang seperti berbicara sendiri, tertawa sendiri, jadi tidak aneh bila orang lain menganggap seseorang seperti orang gila ketika memakai Instagram Live.

Boros Baterai dan Kuota

Bahaya terakhir yang bisa merugikan Anda adalah penggunaan kuota lebih banyak ditambah lagi daya baterai yang semakin menipis atau cepat habis. Live di Instagram memang mampu memboroskan kuota sehingga akan membuat pengeluaran khusus kuota internet membengkak. Jadi untuk mencegah borosnya kuota segera hentikan atau kurangi aktivitas dari Live Streaming di Instagram.

Meski peluang dari penyalahgunaan akun Instagram masih cukup kecil, namun tidak menutup kemungkinan fitur Instagram Live sendiri masih tetap tinggi di tanah air. Anda tak ingin akun Anda diblokir seperti BIGO Live bukan? Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengatur jari jemari Anda ketika mengakses aplikasi Instagram.