SHARE
5 Kesalahan Paling Umum Saat Membuat Password
5 Kesalahan Paling Umum Saat Membuat Password (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Sampai sekarang banyak orang masih belum memahami pentingnya sebuah password di beragam aplikasi ataupun situs website. Padalah password menjadi satu dinding pertahanan pertama dalam melindungi semua data pribadi. Dari sebab itu keamanan sebuah password harus tetap stabil bahkan harus bisa diproteksi secara maksimal dari tangan hacker.

Sampai sekarang banyak laporan mengenai akun media sosial yang mengalami pembobolan para hacker. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kurang pemahaman saat membuat password sehingga sangat mudah dibobol. Maka dari itu jangan sekali-kali menyepelekan soal password karena bisa melindungi data pribadi Anda secara maksimal.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat password baru sebaiknya perhatikan dahulu mengenai kesalahan umum saat membuat password.

Terlalu Mudah Membuat Password

Satu kesalahan paling sering dilakukan adalah membuat password dengan kombinasi sangat mudah. Memang dari password yang mudah akan selalu diingat pengguna, akan tetapi juga memberi efek kurang aman atau mudah dibobol. Bila Anda sulit menghafal password sebaiknya gunakan password card agar bisa dengan mudah menghafalnya.

Terhubung Ke Urusan Pribadi

Data pribadi sebaiknya jangan digunakan sebagai password. Beberapa data pribadi seperti nama sekolah, nama pacar, tanggal lahir dan lain-lain harus dihindari karena sangat mudah ditebak para hacker. Jadi kombinasikan password agar tidak mudah dibobol.

Menggunakan Password Yang Sama Pada Akun Lain

Pasti ada banyak orang memakai password yang sama pada akun lainnya. Padahal dari cara tersebut bisa sangat berbahaya karena bila terjadi pembobolan pada satu akun maka dari akun lainnya juga bisa dibobol. Meski mudah diingat dan tidak ribet membuat password baru, namun memakai password berbeda dari satu akun kea kun lainnya bisa memberi keamanan lebih baik.

Jarang Ganti Password Secara Berkala

Kebiasaan jarang mengganti password secara berkala juga bisa jadi satu penyebab kenapa akun Anda mudah dibobol. Kesalahan tidak mengganti password memang sering dilakukan karena minimnya kesadaran pemilik akun mengenai serangan hacker bernama bruteforce. Jadi gantilah password akun Anda dalam durasi 3-5 bulan sekali.

Jarang Mengaktifkan Fitur Dua Kali Otentifikasi

Satu lagi kesalahan yang banyak dilakukan adalah tidak mengaktifkan fitur dua kali otentikasi. Padahal dari fitur otektikasi tersebut bisa mempermudah pengguna merebut kembali akun jika terjadi pembobolan oleh hacker.

Dari kesadaran pengguna akun dalam memproteksi password bisa meminimalisir pembobolan para hacker. Jika Anda memperhatikan keamanan password maka jarang terjadi pembobolan, sehingga sangat perlu mengganti password secara berkala yang sangat mudah dilakukan.