SHARE
Fitur Powerbank Berkualitas Yang Aman Untuk Smartphone Kamu
Fitur Powerbank Berkualitas Yang Aman Untuk Smartphone Kamu (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Jenis smartphone di pasaran sampai sekarang masih sangat beragam dimana mempunyai banyak macam produk serta spesifikasi menarik yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Sampai sekarang banyak jenis smartphone dibekali fitur baterai berkapasitas besar untuk mendukung aktivitas pemakainya, akan tetapi masih terdapat juga smartphone dengan baterai berkapasitas kecil menyesuaikan spesifikasinya.

Untuk memenuhi kebutuhan baterai biasanya pengguna smartphone membeli perangkat tambahan berupa powerbank. Dari powerbank tersebut sudah tersedia kapasitas daya yang cukup untuk mengisi daya baterai kembali. Rata-rata setiap pemilik smartphone memiliki powerbank berkapasitas besar ditambah lagi saat ini sudah banyak teknologi baterai yang bisa mengisi daya dalam waktu cepat.

Akan tetapi meski banyak produk powerbank bertebaran di pasaran, masih banyak penggunanya belu mengerti bagaimana spesifikasi dari powerbank berkualitas baik atau asli. Maka dari itu bagi pengguna smartphone harus tahu bagaimana spesifikasi dari sebuah powerbank berkualitas tinggi.

Tersedia Fitur Circuit Protection

Satu fitur yang paling fital untuk sebuah powerbank adalah Short Ciruit Protection dimana mampu memproteksi bagian smartphone ketika terjadi korslet. Bila dalam pengisian baterai memakai powerbank kemudian terjadi korslet maka dari short circuit protection akan memutus pengisian baterai secara otomatis. Jadi sangat penting untuk setiap produk powerbank hendaknya mengusung fitur short circuit protection agar baterai ponsel tidak meledak.

Temperature Protection

Menariknya dari merk powerbank di pasaran sudah mengusung fitur temperature protection yang menjadi satu manfaat untuk melindungi baterai dari suhu berlebih. Pada beberapa produk powerbank palsu biasanya akan memberi efek buruk pada baterai ponsel seperti suhu yang terlalu panas. Padahal suhu panas pada baterai dalam waktu lama bisa memberi efek buruk bahkan mengurangi kemampuan baterai. Jadi memakai temperature protection bisa memantau suhu baterai agar tetap stabil.

Input Over Voltage Protection

Adanya fitur satu ini yakni Input Over Voltage Protection sepertinya sangat penting untuk sebuah powerbank, pasalnya dari fasilitas tersebut mampu melindungi baterai ponsel dari tegangan tidak stabil sehingga arus daya yang masuk tetap sesuai tegangan baterai.

Output Over Voltage Protection

Jangan lupa perhatikan apakah powerbank yang ingin Anda beli memiliki fitur output over voltage protection atau tidak. Ada manfaat dari fasilitas output over voltage protection yakni bisa melindungi ponsel dari tegangan tidak normal. Nantinya powerbank akan memutuskan arus daya bila terjadi tegangan berlebih.

Reset Protection

Hadirnya fasilitas reset protection di sebuah powerbank ternyata mampu memberi rasa aman bagi pengguna dimana saat powerbank mengalami masalah maka secara otomatis akan restart dengan sendirinya.

Over Charge Protection

Masih terdapat satu fitur menarik yang wajib ada di sebuah powerbank yakni over charge protection yang mampu menyesuaikan pemakaian daya sesuai kebutuha perangkat smartphone. Dengan adanya fitur over charge protection ini maka Anda tak perlu khawatir bila mengisi baterai dalam waktu lama.

Adapter Protection

Anda juga harus memperhatikan satu fasilitas menarik dari sebuah powerbank yakni Adapter protection dimana menjadi satu fasilitas dalam menjaga suhu kabel charger agar tetap stabil.

Cell PTC Protection

PTC Protection juga bisa digunakan sebagai satu fitur menarik pada powerbank yang mampu mendeteksi suhu baterai. Jika suhu pada powerbank dan baterai smartphone semakin panas maka secara otomatis PTC Protection akan memutus pengisian baterai.

Itulah beberapa daftar fitur wajib di sebuah powerbank, jadi apakah Anda sudah mengecek mengenai kelengkapan fitur di perangkat powerbank Anda?