SHARE
Berbagai Macam Kegunaan Dari Air Mawar
Berbagai Macam Kegunaan Dari Air Mawar (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Tanaman mawar identik sebagai flora kecantikan dimana berbagai macam warna mulai dari mawar putih, merah, merah mudah, dan lain-lain mampu menarik perhatian para pecinta tanaman. Akan tetapi dari harumnya bunga mawar ternyata bisa menurunkan tekanan darah bahkan mengurangi efek stress. Di bidang medis terutama kecantikan, ternyata air mawar sangat berguna sebagai penyeimbang pH kulit.

Tetapi selain menyeimbangkan pH kulit, ternyata air mawar bisa bermanfaat bagi kecantikan. Pastinya para wanita sangat tertarik dengan manfaat dari air mawar tersebut, maka dari itu berikut ini beragam manfaat dari air mawar yang perlu Anda ketahui.

Sebagai Parfum

Manfaat pertama dari air mawar adalah menjadi parfum dimana caranya cukup mudah yakni memasukkan air mawar ke dalam botol parfum kemudian tambahkan beberapa tetes dari minyak esensial dan kocok hingga semua bahan tercampur rata baru semprotkan pada tubuh. Dengan cara ini Anda bisa berhemat tidak membeli parfum mahal dan terhindar dari iritasi karena bahnnya sudah jelas sangat alami.

Melembabkan Kulit

Selanjutnya manfaat dari air mawar adalah melembabkan bagian kulit wajah karena sifat dari air mawar mampu menyejukkan bahkan menghidrasi kulit saat cuaca panas ataupun gerah. Kandungan antibakteri ditambah anti inflamasi membuat kulit terhindar dari noda hitam. Tambahkan air mawar dengan lidah buata ataupun vitamin E untuk mengaplikasikannya sebagai face mist.

Toner

Tidak banyak orang mengerti bahwa air mawar bisa dipakai sebagai toner karena di dalam air mawar terdapat astringent yang sangat cocok untuk toner. Kualitas dari astringent ternyata sangat baik untuk mencegah terjadinya masalah kulit seperti jerawat ataupun kulit berminyak. Cara membuat toner dari air mawar sangatlah mudah yakni dengan menyiapkan satu setengah cangkir air dari sulingan lalu tambahkan satu sendok makan air mawar.

Remover Make Up

Masih ada satu lagi manfaat dari air mawar yakni mampu menghapus make up ataupun riasan pada bagian mata. Make up seperti eyeliner ataupun mascara bisa dengan mudah dihilangkan memakai air mawar. Cara satu ini dianggap lebih aman dan alami karena bahannya terbuat dari bunga mawar asli. Cara membuat remover make up dari air mawar cukup mudah yakni dengan mencampurkan air mawar dengan jojoba oil namun perhatikan perbandingannya harus sama.

Menghilangkan Ketombe

Uniknya dari air mawar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penghilang ketombe dengan cara memakai air mawar sebagai pembilas rambut setelah berkeramas. Air mawar ternyata dipercaya bisa meminimalkan resiko kebotakan juga, jadi sangat cocok untuk kaum pria ataupun wanita yang takut dengan kebotakan. Di dunia medis, air mawar juga baik sebagai pembunuh bakteri fungus dan antimikroba lainnya.

Perawatan Mata

Dari manfaat air mawar berikut ini cukup menarik karena mampu merawat kesehatan mata. Gunakan kapas yang sudah ditempelkan pada air mawar kemudian letakkan pada mata. Kandungan anti inflamasi di air mawar tersebut bisa membuat kesehatan mata lebih baik dan selalu sehat.

Jadi sangat mudah untuk membuat air mawar cukup dengan merebus satu cangkir bunga mawar memakai 5 gelas air kemudian saring airnya dan simpan ke dalam lemari es maka air mawar bisa langsung dimanfaatkan untuk kecantikan kulit.