SHARE
Awas! Terlalu Banyak Bermain Sosial Media Bisa Menyebabkan Berbagai Gangguan
Awas! Terlalu Banyak Bermain Sosial Media Bisa Menyebabkan Berbagai Gangguan (FOTO : Liputan6)

Netizenpos.com –Banyak orang khususnya pemakai smartphone telah memakai media sosial untuk menshare aktivitas mereka. Selain digunakan sebagai media komunikasi, media sosial juga mampu memberi wadah seseorang untuk berekspresi. Maka dari itu penggunaan media sosial sampai sekarang masih tetap tinggi di Indonesia.

Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui bahwa dari pemakaian media sosial secara berlebihan bisa memberi dampak buruk pada penggunanya.

Jika Anda sering memakai media sosial setiap hari perlu memperhatikan dampak buruknya pada diri Anda, siapa tahu Anda sudah mengalaminya.

Penurunan Kendali Diri

Dari penggunaan media sosial bisa memberi sarana lebih bebeas dalam berekspresi. Namun perlu diingat bahwa dari kebebasan tersebut malah membuat orang kehilangan hidupnya. Contoh saja, seseorang yang diberhentikan dalam kerja karena mengupload foto kurang etis di akun media sosial ataupun memposting status yang membuat kegaduhan. Jadi bagi pengguna media sosial harus bisa mengendalikan diri agar tidak berdampak buruk pada lingkungan sekitar.

Hilangnya Jati Diri

Berkat media sosial seseorang bisa lebih leluasa mengekspresikan diri ke semua orang, namun dari aktivitas berlebihan di media sosial bisa membuat seseorang menjadi kehilangan jati diri aslinya karena terlalu lama menjadi artis di sebuah media sosial. Bahkan dari berbagai kasus banyak orang mengalami depresi akibat hinaan netizen yang terus menyoroti aktivitasnya. Jadi jangan terlalu lama bermain di media sosial karena lambat laun akan muncul haters yang tidak senang dengan aktivitas Anda di dunia maya.

Hilangnya Privasi

Secara tidak sadar bila seseorang sering memposting aktivitas pribadinya ke banyak orang maka hak privasinya bisa berkurang. Bahkan saking ketagihan memposting aktivitas di berbagai lokasi banyak orang bisa tahu sedang apa si pemilik akun tersebut. Jadi jangan terlalu fulgar dalam memposting foto ataupun lokasi dimana Anda beraktivitas. Banyak haters berkeliaran di media sosial dan sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan Anda memanfaatkan informasi dari setia postingan di media sosial.

Menghabiskan Biaya Tinggi

Aktivitas upload video dan foto ke berbagai media membuat kuota internet lebih cepat habis sehingga frekuensi membeli paket internet menjadi lebih sering. Bagi seseorang yang belum memiliki profesi akan sangat menyulitkan bila tidak hati-hati dalam mengontrol penggunaan kuota internet. Tidak hanya itu saja, dari media sosial juga memberi efek buruk pada penipuan khususnya pada online shop yang berakhir pada penipuan.

Berkurangnya Teman

Karena terlalu asyik dalam bermain media sosial bisa membuat seseorang kehilangan teman. Secara perlahan teman-teman tidak tersentuh karena terlalu asyik mengotak-atik smartphone. Waktu yang biasa dipakai berkumpul bersama teman-teman kini berubah jadi waktu melihat aktivitas media sosial.

Terkena Penyakit Mental

Media sosial juga bisa membuat seseorang terkena penyakit mental. Banyak orang merasa kurang percaya diri karena melihat banyak akun yang memposting kemewahan, kecantikan, serta ketampanan. Padahal dari media sosial hanya sebuah tempat mencurahkan apa yang ada dibenak seseorang. Jadi jangan terlalu dipikirkan secara dalam-dalam.

Itulah dampak buruk dari penggunaan media sosial secara berlebihan. Mulai sekarang atur penggunaan smartphone untuk bermain di media sosial dan gunakan waktu yang ada untuk bersosialisasi bersama teman. Pakailah media sosial secara bijak jangan sampai Anda merasa rugi ketika memakainya.