SHARE
Jangan Buang Laptop Rusak Anda! Yuk Daur Ulang Dengan 5 Langkah Berikut
Jangan Buang Laptop Rusak Anda! Yuk Daur Ulang Dengan 5 Langkah Berikut (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Banyaknya brand teknologi saat ini menawarkan produk laptop terbaik berspesifikasi tinggi ke pasaran. Minta dari pecinta gadget tentu sangat antusias menyambut produk laptop terbaru dimana mampu memenuhi kebutuhan mereka. Seperti kita ketahui aktivitas seperti mengolah data, editing video bahkan bermain game sangat dibutuhkan sehingga perangkat laptop harus mumpuni.

Akan tetapi perkembangan teknologi laptop kini semakin cepat, sehingga sebuah produk akan mengalami habis ketenarannya bahkan sangat cepat pudar di pasaran terganti produk baru. Banyak orang mengganti laptop lama dengan baru yang memiliki spesifikasi lebih baik. Selain menjualnya, beberapa orang memilih menyimpan laptop lama sebagai sebuah kenangan. Akan tetapi ada berbagai cara menarik yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan laptop lama dengan kondisi rusak.

Mendaur ulang laptop sepertinya jadi cara menarik untuk mendapat fungsi lebih daripada membuangnya menjadi sebuah rongsokan. Berikut ada beberapa cara untuk mendaur ulang sebuah laptop yang tak terpakai lagi.

Manfaatkan Hardisk

Satu bagian yang bisa dimanfaatkan ulang adalah hardisk atau memori internal. Jika kondisi hardisk laptop bekas Anda masih baik maka bisa digunakan sebagai hardisk eksternal. Banyak orang memakai cara satu ini karena dinilai lebih murah dibandingkan membeli hardisk eksternal bahkan karena data di dalam hardisk sangat penting mereka rela melepas hardisk untuk dipakai sebagai eksternal memori.

Memanfaatkan Monitor

Satu lagi bagian paling menarik selain hardisk adalah monitor. Jika kondisi monitor masih menyala maka Anda bisa mencabutnya kemudian dipakai sebagai monitor biasa. Hanya saja Anda harus membeli monitor controller yang cocok dengan bagian monitor laptop bekas Anda. Harga sebuah monitor controller dibanderol hingga 200 ribuan.

Memanfaatkan Baterai Laptop

Baterai pada laptop bekas juga bisa dipakai sebagai powerbank. Ada beragam tutorial mengubah baterai laptop menjadi sebuah powerbank, sehingga Anda bisa lebih berhemat dengan memanfaatkan baterai bekas laptop sebagai perangkat pengisi daya cadangan pada laptop.

Kanibal

Istilah kanibal dalam teknologi adalah memakai perangkat laptop lainnya untuk memperbaiki sebuah laptop yang rusak. Cara satu ini memang sudah lama dipakai para perakit laptop atau tempat service laptop sehingga sangat potensial dari perangkat laptop mampu memerbaiki laptop rusak lainnya.

Menjualnya

Rata-rata untuk laptop jadul harus dijual dengan harga murah. Akan tetapi jangan sampai Anda menjualnya secara utuh karena akan jauh lebih murah dibandingkan menjualnya secara terpisah. Jadi jangan jual utuh untuk mendapatkan harga lebih tinggi.

Itulah cara paling efektif untuk mendaur ulang laptop rusak Anda. Jangan sampai Anda merelakan laptop yang sudah berjasa dalam hidup Anda untuk mendapat harga lebih murah.