SHARE
Fakta Tentang Kafein Yang Belum Diketahui Para Penggila KopiFakta Tentang Kafein Yang Belum Diketahui Para Penggila Kopi
Fakta Tentang Kafein Yang Belum Diketahui Para Penggila Kopi (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Beragam jenis minuman kini banyak dikonsumsi karena dari segi rasa sampai tampilannya sangat menarik. Kopi kini sudah banyak dicintai karena dari rasanya sangat beragam bahkan sampai dibanderol dengan harga tinggi untuk satu gelasnya. Banyak orang menikmati kopi pada pagi hari sembari memakan cemilan. Namun, dari secangkir kopi ternyata terdapat berbagai macam zat termasuk kafein yang menjadi satu zat alkaloid berbentuk Kristal dengan rasa pahit.

Banyak pakar kesehatan memberi keterangan bahwa mengkonsumsi kafein bisa memberi efek positif pada pikiran dan tubuh bahkan bisa meningkatkan memori otah serta menambah kemampuan konsentrasi. Akan tetapi bagi penikmati kopi banyak yang belum mengerti apa saja fakta menarik dari kafein yang sebenarnya ada efek baik dan buruknya.

Kandungan Kafein Memiliki Sifat Menetap

Banyak orang belum mengerti bahwa kafein memiliki sifat mudah diserap dalam darah beserta jaringan. Akan tetapi dari proses penyerapan tersebut memakan waktu kurang lebih 45 menit setelah dikonsumsi. Tubuh akan memecah serta mengeluarkan kafein dalam waktu 4 jam kemudian kandungan kafein benar-benar hilang dari dalam tubuh setelah 12jam, jadi sangat lumrah bila banyak orang kecanduan minum kopi karena dari kandungan kafeinnya masih cukup sulit dihilangkan dari tubuh.

Kasus Kematian Karena Kafein Sangatlah Langka

Beredar rumor bahwa megkonsumsi kafein secara berlebihan bisa menyebabkan kematian. Memang sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan bisa kurang baik untuk kondisi tubuh, akan tetapi untuk dosis rendah tentu saja tidak ada masalah, namun pada dosis tinggi seperti 30 sampai 50 cangkir akan memberi efek kurang baik mulai dari kejang-kejang, jantung berdegup kencang, muntah kemudian tremor otot.

Kafein Bisa Membuat Orang Kecanduan

Setiap orang bisa mengalami kecanduan setelah mengkonsumsi kafein secara berlebihan, akibatnya saat kafein berhenti masuk maka tubuh akan memberi rasa kurang baik mulai dari gangguan sakit kepala, bingung, mudah lelah, mual sampai depresi.

Kafein Banyak Ditemukan di Berbagai Minuman Selain Kopi

Identik kafein pada minuman kopi ataupun soda ternate selama ini salah karena beberapa makanana bahkan permen karet sekalipun terdapat kandungan kafein. Permen penyegar nafas seerta selai kacang juga memiliki kandungan kafein terlebih lagi pada obat-obatan ataupun produk shampoo yang sudah lama digunakan masyarakat. Jadi kandungan kafein tidak diidentikkan dengan efek buruk sehingga banyak orang salah kaprah menganggap kafein sebagai kandungan yang berbahaya.

Kafein Bisa Memperbesar Efek Stress

Berbagai penelitian menghasilkan anggapan bahwa kafein bisa memperkuat efek stress bila dikonsumsi seseorang secara rutin atau setiap hari. Kafein bisa memperkuat respon stress di dalam tubuh kemudian mampu meningkatkan tekanan darah beserta denyut jantung bahkan bisa meningkatkan produksi hormone stress. Jadi jangan mengkonsumsi kopi terlalu banyak saat kondisi mental dalam tertekan atau stress.

Zat Kafein Bisa Berupa Pestisida dan Herbisida Alami

Sudah menjadi zat yang familiar dimana kafein bisa ditemukan di dalam biji, buah, ataupun di daun. Tanaman yang memiliki kafein terdiri dari teh, kakao, beserta kola kemduian fungsi kafein pada tanaman tersebut sangat menarik yakni berguna sebagai pestisida alami yang mana mampu menangkal serangga prusak tanaman.

Menarik dan unik bukan? Beragam jenis tanaman ataupun makanan beserta minuman ternyata mempunyai kandungan kafein, tidak hanya dari minuman kopi saja akan tetapi banyak makanan dan minuman lainnya memiliki kafein.