SHARE
Tips Menjadi Orang Kaya Ala Anak Kost
Tips Menjadi Orang Kaya Ala Anak Kost (FOTO : Penulispro)

Netizenpos.com – Zaman modern saat ini kebutuhan akan tempat tinggal seperti kost sangat dibutuhkan terutama para kalangan pelajar. Menuntut ilmu pengetahuan di luar kota sudah menjadi hal wajar sehingga menjadi anak kost sudah jadi pilihan. Namun, bagi anak kost tentu saja banyak masalah dihadapi tidak hanya dari persoalan kuliah saja, namun pada soal biaya hidup juga sering mendapat masalah.

Terkadang para anak kost harus banting tulang dalam mengatur budget agar bisa penuh sampai satu bulan. Sayangnya, gaya hidup yang sering belanja barang tak perlu masih sulit dihilangkan sehingga membuat seseorang sering berpindah kost karena alasan biaya. Nah, bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di luar kota dengan cara kost sebaiknya lihat dahulu tips berikut ini agar keuangan Anda tidak morat marit.

Berpuasa

Anda bisa berpuasa untuk meminimalisir biaya di akhir bulan. Banyak anak kost melakukan puasa untuk menghemat pengeluaran dan cukup terbukti ampuh. Selain sangat baik dalam kesehatan tubuh, Anda bisa melakukan puasa dengan teknik sesuai agama, jadi sangat mudah dan simple bukan?

Makan Serba Putih

Sebagai anak kost berusahalah untuk berhemat terutama dalam makan dan minum. Anda bisa mencoba makan putih dan minum putih dalam artian memakan nasi putih saja ditambah sedikit garam ataupun kecap dengan minum air putih. Jika Anda ingin menambah rasa sebaiknya gunakan putihan telur atau bisa menggoreng telur dadar satu butir untuk satu hari.

Bersepeda atau Jalan Kaki

Berjalan kaki bisa menghemat biaya transportasi Anda kemudian bisa menambah sehat tubuh karena dari bagian tubuh yakni kaki bisa lebih sehat dan kuat. Namun bila jarak dari kost ke tempat kuliah terbilang jauh, maka gunakan sepeda agar tidak terlalu lelah. Memang sebaiknya Anda menabung atau mengirim sepeda dari kampung halaman dengan tujuan menghemat biaya transportasi.

Akses Internet WiFi

Pengeluaran paling besar bagi anak kost biasanya terletak pada koneksi internet ataupun sewa warnet. Memang tidak bisa dipungkiri jika tugas-tugas kuliah sering membuat orang mengeluarkan banyak biaya bahkan lebih dari 50 ribu sehari. Jadi Anda bisa mencari cara unik untuk menghemat pengeluaran salah satunya dengan mengerjakan tugas di tempat dengan fasilitas WiFi gratis.

Anda bisa mengunjungi perpustakaan kota untuk sekedar mengakses internet gratis bahkan bisa mencari referensi dari buku yang disediakan. Bila ingin membawa cemilan bawalah dari rumah berupa es the ataupun kacang. Ingatlah jangan sesekali mengakses internet di café dengan harga makanan dan minuman mahal.

Jauhi Minimarket

Berbelanja memang satu kebutuhan penting bagi anak kost, maka dari itu bila Anda lapar atau ingin membeli satu kebutuhan cobalah cari tempat grosiran yang membanderol harga lebih murah. Jangan coba-coba mengunjungi minimarket karena dari segi harga bisa cukup mahal sehingga mampu menguras uang tidak sampai satu bulan penuh. Tempat grosir bisa jadi satu solusi bagi Anda yang ingin berhemat selama satu bulan penuh.

Menghemat pengeluaran bagi anak kost adalah hal wajib, banyak anak kost mencari uang tambahan dengan bekerja sampingan atau freelance dan dari cara tersebut memang sangat potensial namun perlu dilihat kembali dari efektivitas waktu yang mungkin bisa mengganggu kegiatan kuliah Anda. Jadi semua ada di tangan Anda apakah ingin berhemat atau mencari pekerjaan tambahan.