SHARE
Selain RAM, Berikut Ini Faktor Utama Dalam Menguji Ketangguhan Smartphone
Selain RAM, Berikut Ini Faktor Utama Dalam Menguji Ketangguhan Smartphone (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Kita semua tahu banyak sekali merk smartphone beredar di pasaran yang memberi beragam produk terbaru dengan spesifikasi terbaiknya. Bagi para pecinta smartphone pasti melihat bagian RAM ataupun spesifikasi lainnya untuk menentukan kemampuan dari performa sebuah smartphone. Akan tetapi tahukah Anda bila tidak hanya pada bagian RAM saja, namun masih ada beberapa bagian yang bisa dijadikan satu patokan untuk mengukur kemampuan smartphone.

RAM sangat penting diperhatikan dalam sebuah smartphone, namun masih terdapat beberapa bagian penting lainnya yang wajib Anda perhatikan sebelum mengetahui seperti apa performanya.

RAM

Bagian RAM atau Random Acces Memory sangat wajib diperhatikan pertama kali sebelum masuk ke bagian lainnya. Fungsi dari RAM sangat vital dimana mampu menjalankan beragam aplikasi kemudian bisa menampung berbagai macam aplikasi. Pada saat membeli ponsel dengan kebutuhan RAM tinggi di atas 3 GB dinilai sangat baik karena rata-rata untuk RAM smartphone hanya membutuhkan 2GB saja, namun masih tergantung dari kebutuhan penggunanya.

CPU

Setelah RAM, bagian CPU atau Central Processing Unit menjadi satu bagian terpenting untuk mengetahui seberapa cepat performa sebuah smartphone. Processor sangat menentukan kecepatan dalam mengolah aplikasi sehingga sebelum membeli cobalah cari tahu seberapa cepat performa dari processor.

GPU

Pengolah grafis atau sering disebut GPU mampu menampilkan grafis yang tajam pada layar. Rata-rata untuk ponsel khusus gaming memiliki spesifikasi GPU tinggi yang mampu mengelola gambar dan video dengan sangat baik. GPU Adreno, Mali atau PowerVR sudah menjadi pilihan banyak vendor sebagai pengolah grafis.

Clock Speed

Satu lagi yang patut diperhatikan adalah clock speed dimana pada sebuah smartphone pasti mempunyai RAM kemudian dari kecepatan clock speed CPU nya sangat mempengaruhi aktivitas smartphone. Anda bisa mengentahui kecepatan clock speed di setiap core sehingga sangat mudah untuk menentukan mana yang memiliki kemampuan lebih baik.

User Interface

Bagian lainnya yakni UI atau user interface ataupun launcher juga sangat penting karena memberi beragam kebutuhan pengguna terutama dalam hal tampilan menu. Dari user interface juga menentukan kecepatan akses ponsel sehingga dari jenisnya sangat mempengaruhi kecepatan ponsel dalam mengakses aplikasi.

Nah, itu dia beberapa faktor dalam menentukan performa sebuah smartphone. Selain dari performa, Anda juga harus memperhatikan soal harga dimana bisa disesuaikan dengan kebutuhan jadinya Anda tak rugi dalam membeli sebuah ponsel.