SHARE
Tips Tepat Atasi Kecanduan Smartphone
Tips Tepat Atasi Kecanduan Smartphone (FOTO : Liputan6)

Netizenpos.com – Setiap orang saat ini membutuhkan smartphone sebagai sebuah perangkat komunikasi yang mendukung aktivitas sehari-hari. Seperti kita ketahui sekarang produk smartphone sangat beragam mengusung berbagai macam desain bahkan spesifikasi berbeda. Akan tetapi dari penggunaan smartphone secara berlebihan atau bisa dikatakan kecanduan akan memberi efek buruk terutama pada organ mata bahkan bisa mengubah karakter seseorang.

Fenomena membawa smartphone kemana saja seseorang pergi bisa memberi contoh kasus dimana kecanduan smartphone sudah sangat fenomenal. Maka dari itu ada beberapa langkah tepat untuk mengatasi kecanduan smartphone tersebut, nah, bagi Anda yang merasa kesulitan untuk melepaskan ponsel pintar dalam beberapa waktu saja berikut akan kami ulas tipsnya.

Gunakan Modus Hening

Notifikasi smartphone menjadi satu faktor dimana seseorang sering melihat smartphone. Maka dari itu Anda bisa merubah nada dering menjadi getar atau silent yang membuat Anda bisa melepas smartphone dalam beberapa waktu. Untuk beberapa jenis ponsel sudah memakai notifikasi berupa lampu LED dengan warna berbeda sehingga bisa memberi tahu bila ada sebuah notifikasi pada smartphone.

Letakkan Ponsel Di Tempat Tak Terlihat

Mungkin Anda bisa menggunakan ungkapan tak terlihat maka tak terpikirkan. Nah dari ungkapan tersebut sangat cocok untuk menghindarkan rasa kecanduan pada smartphone. Tempatkan ponsel Anda ke lokasi yang tak terlihat agar Anda tak melihat ponsel dalam waktu lama. Beberapa perusahaan sudah memakai cara satu ini dimana menaruh ponsel karyawannya ke dalam keranjang sehingga semua karyawan bisa bekerja secara optimal.

Menyusun Smartphone

Ketika Anda berjalan bareng bersama teman-teman secara tidak sadar Anda sering asyik sendiri dengan ponsel meskipun sedang mengobrol. Nah, untuk mengatasinya cobalah menaruh smartphone dengan susunan ke atas sehingga suasana berkumpul bersama teman-teman lebih akrab dan menyenangkan.

Gunakan Notifikasi Prioritas

Jika Anda tidak menyukai mode silent maka gunakan saja notifikasi dari beberapa bagian semisal untuk SMS dan telepon saja memakai notifikasi khusus sedangkan pada notifikasi media sosial seperti BBM, WhatsApp, dan lain-lain bisa Anda silent atau heningkan. Cara ini cukup ampuh dimana bisa memberi prioritas lebih baik untuk mengurangi efek kecanduan smartphone.

Berpindah Ke Smartwatch

Ada satu cara lainnya dalam mengurangi efek canduan smartphone yakni berpindah memakai smartwatch dimana perangkat satu ini mampu memindahkan notifikasi dari satu perangkat ponsel ke perangkat jam tangan canggih. Jadi, memakai smartwatch akan mengurangi efek terlalu sering menatap smartphone secara langsung.

Itulah beberapa cara mudah dan tepat untuk mengurangi efek kecanduan smartphone. Rata-rata setiap orang memandangi ponsel mereka dalam kurun waktu lebih dari 12 jam, maka dari itu agar kondisi mata tetap sehat sampai kondisi mental tetap stabil lakukan cara-cara di atas agar efek buruk dari smartphone tidak terlalu besar diterima tubuh.