SHARE
Daftar Negara Dengan Biaya Studi Kuliah Termurah
Daftar Negara Dengan Biaya Studi Kuliah Termurah (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Kegiatan studi kuliah kini menjadi satu kebutuhan vital karena untuk memnambah persaingan di dunia kerja menjadi lebih ketat. Banyak para penempuh pendidikan mengambil studi kuliah di beberapa kampus terbaik di dalam maupun di luar negeri. Akan tetapi banyak masyarakat Indonesia masih merasa takut dengan biaya kuliah di luar negeri yang sebenarnya ada beberapa negara dengan biaya kuliah paling murah.

Menempuh kuliah di kampus impian tidak di dalam negeri menjadi impian banyak orang, maka dari itu sampai sekarang minat untuk kuliah di luar negeri sangat tinggi. Biaya kuliah yang mahal sebenarnya tidak selalu menjadi kendala, maka dari itu untuk Anda yang menginginkan mengambil studi di kampus luar negeri kenali dahulu beberapa negara yang memiliki biaya kuliah termurah.

India

Sudah menjadi satu pilihan banyak orang dimana India memiliki jurusan yang banyak diminati yakni engineer atau teknik. Biaya kuliah di India sebenarnya tidak terlalu mahal dimana hanya mencapai 3,3juta atau jika dikurs ke Rupiah mencapai 170 juta per tahun. Akan tetapi dari segi biaya tergantung dari universitas yang Anda pilih. Pola hidup di India juga tidak terlalu mahal karena ada beragam makanan yang familiar kita temukan di Indonesia.

Taiwan

Menariknya masih ada satu negara lainnya yang memiliki biaya kuliah tidak terlalu mahal yakni Taiwan. Satu negara di kawan Asia tersebut memiliki biaya kuliah di kisaran 23-46 juta per tahun. Akan tetapi jika Anda menempuh pendidikan S2 di Taiwan maka biaya hidup dan biaya kuliah bisa gratis karena ada beberapa universitas menawarkan biaya kuliah gratis sampai lulus.

Tiongkok

Satu negara besar yang mampu menyediakan biaya kuliah murah adalah Tiongkok. Banyak para mahasiswa menempuh pendidikan di Tiongkok yang ternyata tidak terlalu mahal yakni mencpaai 26-52 juta saja per tahunnya. Bahkan dari kehidupan di Tiongkok tidak terlalu mahal bisa mencapai 7 jutaan perbulan.

Norwegia

Dari satu negara yakni Norwegia juga memiliki biaya kuliah cukup murah karena negara satu ini tidak mengenakan biaya kuliah. Akan tetapi bagi setiap siswa dikenakan biaya tambahan sebesar 500 sampai 1 jutaan per semester untuk biaya organisasi. Menarik bukan? Sayangnya kendala banyak siswa adalah di bahasa Norwegia yang nantinya semua proses perkuliahan harus menggunakan bahasa Norwegia.

Denmark dan Swedia

Anda juga bisa menempuh pendidikan di Denmark, Swedia, dan Norwegia dimana menjadi 3 negara yang bergabung dengan Skandinavia. Biaya kuliah dari Denmark dan Swedia sangat murah dimana mencapai 85 sampai 225 juta per tahunnya.

Islandia

Negara Islandia kini menjadi satu negara yang menyediakan harga murah untuk bidang pendidikan. Jika anda berminat menempuh pendidikan di Islandia maka akan dikenakan biaya kuliah sebesar 6 juta per semester kemudian ada beberapa universitas yang menawarkan tanpa biaya dalam menajalankan pendidikan.

Yunani

Yunani juga menjadi satu negara dengan biaya kuliah termurah dimana hanya mencapai 23 jutaan per tahunnya. Sangat murah dibandingkan universitas di Indonesia yang bisa melebihi 23 juta per tahunnya.

Perancis

Satu negara yang dikenal menara Eiffel yakni Perancis juga menyediakan biaya pendidikan cukup murah yakni hanya 3 sampai 4 juta per tahun. Akan tetapi dari biaya hidup dianggap masih mahal karena bisa mencapai 18 jutaan per bulan.

Nah, itu tadi beberapa negara yang mampu menyediakan biaya murah untuk para siswa yang ingin menggali pendidikan di luar negeri, semoga bermanfaat.